Connect with us

Berita Persib

Selesaikan S1, Rachmat Irianto Ingatkan Pentingnya Pendidikan bagi Pesepakbola

Avatar photo

Published

on


Salah satu pemain multifungsi Persib Bandung Rachmat Irianto baru saja menyelesaikan tugas akhir untuk pendidikan S1 nya di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Ia menjalani sidang skripsi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi pada Selasa (18/4/2023) di Ruang Sidang Skripsi FIKK Unesa.

Sama halnya dengan sepak bola, sidang skripsi pun diakui Rian sama-sama menyebarkannya. Namun pada akhirnya ia bisa lulus uji di depan dosen penguji. “Jelas deg-degan sama seperti main bola deg-degan juga tapi dibawa enjoy saja bawaannya senang,” kata Rian.

Rian adalah angkatan 2018 Unesa, butuh waktu empat-lima tahun untuk menyelesaikan jenjang pendidikan S1 karena ia pula harus berkutat dengan kariernya sebagai pesepakbola profesional.

Pemain yang juga menjadi anggota skuad Timnas Indonesia ini juga ke depannya akan difasilitasi untuk meraih gelar S2 dan S3 oleh kampusnya. Ia telah memutuskan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai bekal kelak.

“Jelas saya difasilitasi seperti ini saya diberikan pendidikan S2 lanjut S3. Saya akan memanfaatkan sebaik mungkin karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan seperti ini. Tetap saya ambil saya akan menyelesaikan S2 nantinya,” papar Rian.

Anak dari legenda Persebaya Bejo Sugiantoro ini seolah menjadi role model bagi pesepakbola muda di Indonesia. Bahwasannya di samping karier sepak bola yang melonjak, namun ada pendidikan yang tidak boleh disepelekan apalagi dilupakan.

“Tentunya bisa menjadi contoh anak muda lainnya, bahwa pendidikan itu penting tidak hanya bermain bola. Karena usia bermain bola itu tidak kenal waktu, 24, 25 tahun tiba-tiba ada kejadian tidak diinginkan, jadi pendidikan itu sangat penting,” ujar Rian.

Ditanyai pilihannya antara menjadi pelatih atau dosen kelak, Rian akan mencoba bisa mengejar keduanya. “Awalnya saya proper ke pelatih. Setelah mengetahui kesempatan melanjutkan S2, jadi ingin kejar pelatih dan dosen juga. Sedikit serakah tapi buat kebaikan,” tukasnya.

Advertisement
Mangga Komentar di Dieu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Kehadiran Tyronne del Pino di Mata Beckham

Avatar photo

Published

on

Lini tengah Persib Bandung semakin berwarna dengan beberapa tipe gelandang berbeda. Adalah kehadiran Tyronne del Pino gelandang tipe playmaker akan membuat pelatih Luis Milla punya banyak opsi dalam menjalankan rencananya.

Beckham Putra gelandang muda milik Persib menyambut positif kehadiran pemain asal Spanyol itu. Menurutnya kehadiran Tyronne bisa membuat Persib lebih kuat dapat mendukung kerja David da Silva top skor klub musim lalu.

“Ya tentunya ini kekuatan lebih untuk Persib karena kita ingin bisa lebih kuat lagi di musim depan. Dan semoga bisa lebih baik lagi,” kata Beckham.

Tyronne del Pino adalah pemain asing baru Persib dalam memenuhi slot 5+1 di Liga 1 2023/2024. Ia dikenalkan Persib pada Minggu (28/5/2023) kemarin. Pria 32 tahun itu musim lalu memperkuat Nakhon Ratchasima di kasta tertinggi Liga Thailand.

Beckham sendiri menantikan duet bersama Tyronne di musim baru. Namun sebelum itu, ia memaksimalkan waktu libur saat ini bersama keluarga. Etam sapaan akrabnya mendapatkan libur tambahan dari Luis Milla usai mempersembahkan emas SEA Games Kamboja 2023.

Jika Persib akan berlatih pada 5 Juni, Beckham diberi libur hingga 12 Juni. “Ya tentunya Beckham memanfaatkan dengan fokus bersama keluarga setelah itu Beckham minta program juga buat latihan mandiri,” tuturnya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Beckham Dapat Libur Lebih Panjang di Persib

Avatar photo

Published

on

Beckham Putra mendapatkan jatah libur tambahan dari pelatih Persib Bandung Luis Milla saat tim menjalani persiapan pramusim Liga 1 2023/2024. Jika pemain lain akan mulai dikumpulkan Senin (5/6/2023), maka Beckham masih diperbolehkan libur hingga 12 Juni nanti.

Ini adalah kelonggaran dari Milla untuk Beckham, mengingat ia dan penggawa timnas lainnya belum menikmati libur sejak Liga 1 2022/2023 berakhir 16 April lalu. Mereka sibuk dengan persiapan Timnas Indonesia U-22 arahan Indra Sjafri yang akhirnya mempersembahkan emas di SEA Games 2023 Kamboja pada 16 Mei di Olympic Stadium Phnom Penh.

“Latihan baru tanggal 5 (Juni), tapi Beckham dikasih libur dulu sama coach Milla sampai tanggal 12 (Juni),” terang Beckham. Artinya ia berpeluang gabung di latihan pramusim Persib saat tim menggelar training center (TC) di Yogyakarta.

Beckham diprediksi akan kembali dipanggil Indra Sjafri dalan dua event besar kedepan. Yakni Piala AFF U-23 pada Agustus nanti di Thailand. Indonesia tergabung di Grup B bersama Timor Leste dan Malaysia.

Selain turnamen AFF tersebut, Timnas Garuda dihadapkan pada ajang ASIAN Games 2022 di Hangzhou, China. Multi event empat tahunan yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Etam sapaan dari Beckham ingin memberikan yang terbaik jika kembali dipercaya.

“Insya Allah tentunya bisa lebih baik lagi dan berprestasi lagi di Asian Games nanti,” katanya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Marc Klok Mulai Bersiap Hadapi Musim Kompetisi Baru

Avatar photo

Published

on


Marc Klok bersiap untuk menyambut musim kompetisi baru bersama Persib Bandung. Dia rutin berlatih mandiri agar secara kondisi kebugaran tetap terpelihara meski sedang diliburkan. Baginya penting bagi pemain untuk disiplin menjaga fisik karena itu modal sebagai pesepakbola.

Sang pemain pun antusias dalam menghadapi musim baru di Liga 1 2023/2024. Selama berada di Belanda ketika skuat diliburkan, dia selalu menyempatkan waktu berolahraga. Meski yang menjadi perhatiannya adalah meluangkan waktu bersama keluarga dan teman-temannya.

“Untuk musim depan, saya melihat ke depan untuk memulai lagi. Saya kemarin persiapkan sendiri di Belanda untuk pramusim. Saya ada libur sebelumnya sama teman dan sama keluarga,” terang Klok ketika diwawancara awak media.

Kini sesi latihan bersama Persib akan kembali dimulai. Dirinya juga akan segera memasuki pemusatan latihan tim nasional Indonesia pada 5 Juni mendatang di Surabaya. Menurutnya persiapan mesti dijalani dengan baik supaya ambisi meraih prestasi bisa diwujudkan.

“Sebelumnya saya ada di Belanda sama keluarga tapi sudah fokus ke depannya untuk latihan dan juga persiapkan musim depan mulai. Saya mau siap-siap sekali untuk kasih Persib juara,” tutup gelandang berusia 30 tahun tersebut.

Lanjut Membaca
Advertisement

Komentar Bobotoh

Arsip

Trending