Connect with us

Olahraga Jawa Barat

Roster Baru Prawira Bandung, Menatap Musim Baru IBL 2023

Published

on


Finis empat besar di Indonesian Basketball League (IBL) 2022, Prawira Bandung kini menyongsong musim baru IBL 2023. Persiapan sudah dimulai, pelatih David Singleton dipertahankan. Mengevaluasi musim lalu, keluar masuk pemain terjadi.

Ada dua pemain Prawira musim lalu yang diumumkan keluar dari tim yakni Diftha Pratama dan Galank Gunawan. Sebagai gantinya sejauh ini, Rabu (26/10/2022), Prawira mendatangkan Yosua yang di musim sebelumnya memperkuat Bali United Basketball.

Dalam IBL Draft Day, Oktober lalu, Prawira Bandung berhasil mendapatkan roster untuk pemain asing baru yakni Brandone Francis (Dominika) dan Anthony January (Amerika). Juga rookie player, Yusuf Ammar Firdaus.

Direktur Utama Prawira Bandung Teddy Tjahjono mengungkapkan perubahan roster atau pemain utama, kali ini tidak lepas dari hasil evaluasi kinerja musim sebelumnya. Musim lalu Prawira diperkuat Kenneth Jamal Wormley dan Dannis Dewayne Miles Jr. Dalam pertarungan IBL Draft Day, pelatih Dave harus menjatuhkan pilihan kepada dua roster di atas.

“Jadi proses perubahan roster dilakukan berdasarkan evaluasi kinerja pemain tahun lalu. Dari situ ada beberapa pemain yang diproyeksikan untuk masuk, dan beberapa pemain untuk tidak diperpanjang,” papar Teddy.

Dua roster baru saat ini tengah dalam menunggu proses penandatanganan kontrak. Ia berharap kedua asing itu bisa segera bergabung mengingat turnamen IBL Indonesia Cup, di Solo mulai 4-13 November 2022. Ajang ini tampak menjadi ajang pramusim bagi tim-tim di IBL.

“Pemain asing sudah dapat dua, saat ini sedang proses penandatanganan kontrak. Satu dari Amerika satu dari Dominika. Jadi diharapkan mereka semua bisa segera bergabung. Rencana bakal ada turnamen Piala Indonesia (IBL Indonesia Cup) awal November di Solo,” tutur Teddy.

Advertisement
Mangga Komentar di Dieu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Olahraga Jawa Barat

Awali Powarnas XII, Tim Futsal Jabar Tekuk Riau 2-0

Avatar photo

Published

on


Kemenangan diraih tim futsal Jawa Barat di gelaran Pekan Olahraga Wartawan (Powarnas) XIII. Pada laga perdananya, Jawa Barat sukses mengandaskan perlawanan tim dari Riau dengan skor 2-0. Laga ini sendiri diselenggarakan di SM Futsal Malang, Selasa (22/11) pagi.

Dalam kesempatan kali ini, para pemain tim futsal Jabar mengenakan pita hitam yang diikatkan di lengan kirinya. Itu dilakukan sebagai bentuk rasa bela sungkawa tarhadap musibah gempa di Cianjur. Bencana ini menewaskan ratusan orang dan ribuan rumah runtuh.

Permainan agresif diperlihatkan Adil Nursalam dan kawan-kawan dan menekan sejak awal. Akhirnya gol pembuka pun lahir di babak pertama melalui Divie usai memanfaatkan kemelut di area pertahanan Riau. Divie kemudian sukses mengantarkan timnya menggandakan keunggulan pada babak kedua lewat penyelesaian dingin setelah menggocek kiper.

Disampaikan oleh kapten kesebelasan tim futsal Jabar, Didit, kemenangan timnya dipersembahkan untuk warga di Cianjur. Penggunaan pita hitam sendiri selain merupakan arahan dari Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat, ini juga merupakan kesadaran kontingen atas musibah yang melanda.

“Alhamdulillah, tim Jabar bisa meraih kemenangan, di laga pertama. Kemenangan ini kami persembahkan untuk warga Cianjur, yang sedang berduka. Semoga korban meninggal dunia, diterima di sisi Allah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” kata Didit seusai pertandingan.

Jawa Barat sendiri tergabung di grup B bersama Riau dan SUmatera Selatan. Sebelumnya Riau sukses mengalahkan Sumsel di laga perdana dengan skor 3-2 kemarin. Dengan catatan kemenangan Jabar atas Riau tadi, maka Jabar saat ini memuncaki klasemen sementara karena unggul head to head.

Untuk lolos ke babak 8 besar, sebenarnya Jabar cukup mendapat hasil imbang di laga kontra Sumsel besok. Tapi Didit selaku kapten kesebelasan menegaskan timnya akan tetap bermain maksimal dan memburu kemenangan.

“Kami berharap dukungan dari seluruh pengurus PWI Jawa Barat, dan Warga Jawa Barat, agar bisa meraih kemenangan di setiap pertandingan, hingga menjadi juara Futsal Powarnas 2022,” ucapnya.

Lanjut Membaca

Olahraga Jawa Barat

Kalahkan Dewa United, Prawira Harum Segel Tempat Ketiga Indonesia Cup 2022

Avatar photo

Published

on


Prawira Harum Bandung berhasil menyegel tempat ketiga di Indonesia Basketball League (IBL) Indonesia Cup 2022. Raihan tersebut setelah Prawira Harum menyudahi perlawanan Dewa United Surabaya melalui pertarungan sengit di empat kuarter di GOR Sritex Arena, Solo, Minggu (13/11/2022).

Prawira Bandung membuka poin pertama lewat threepoint Abraham Damar Grahita. Katon Adjie Baskoro mencatat poin pertama bagi Dewa United. Perolehan poin Dewa sempat terhenti di angka 13, Prawira terus menjauhkan keunggulan, catat biggest lead 11 poin (24-13) berkat three poin Manansang dan Yosua. Kuarter pertama milik Prawira Harum 24-15.

Dewa United melakukan beberapa penyesuaian memperkokoh pertahanan guna mengejar ketinggalan. Threepoint Kevin Moses membawa angin segar 27-22. Dewa United semakin mendekat melalui poin-poin krusial dari Ferdian Dwi Purwoko. Keuletan Abraham Grahita mempertahankan Prawira agar tetap unggul di kuarter kedua ini 38-36.

Dewa berbalik unggul sempat memimpin delapan poin di awal kuarter ketiga. Pelatih Prawira David Singleton berpikir melakukan penyesuaian. Masuknya Alan As’adi memperbaiki penampilan Prawira di lapangan. Abraham lalu mendekatkan poin ketinggalan Prawira menjadi 52-53 dari usaha three point. Free throw Firdhan Guntara sukses sementara mengungguli Dewa United 55-53.

Tidak mudah mempertahankan keunggulan, kapten Dewa Kaleb Ramot Gemilang tak mau kalah untuk mengambil alih kepemimpinan poin dari lawan. Akan tetapi, turnover anak-anak Dewa United menguntungkan Prawira mendulang poin, kuarter ketiga tetap milik Prawira 61-58.

Pertarungan menegangkan di kuarter terakhir, Jamarr Andre Johnson menyamakan angka 63-63, Prawira berusaha menjaga keunggulan meski margin terus dijaga Dewa United. Skor 69-69, waktu menyisakan beberapa detik lagi. Switch momentum terjadi antara kedua tim yang mendelay permainan demi mendapatkan poin kemenangan pada detik-detik akhir.

Dewa United melakukan team fouls, poin terakhir akhirnya didapat Prawira lewat free throw Pandu Wiguna, kesempatan dua kali free throw tak disia-siakan Pandu bawa kemenangan tim asal Bandung tersebut menjadi juara ketiga dengan skor akhir 71-69.

Lanjut Membaca

Olahraga Jawa Barat

Tren Kemenangan Prawira Harum Terhenti di Semifinal, Akui Keunggulan Pelita Jaya Bakrie

Avatar photo

Published

on


Prawira Harum Bandung (PHB) harus tersungkur di semifinal Indonesia Basketball League (IBL) Indonesia Cup 2022, setelah dikalahkan Pelita Jaya (PJ) Bakrie Jakarta, Sabtu (12/11/2022) di GOR Sritex Arena, Solo. Sempat tampil solid di babak pertama, inkonsistensi dilakukan Prawira hingga keteteran di babak kedua.

Selepas tip off Muhamad Arighi menguasai bola untuk Pelita Jaya. Andakara Prastawa buka poin pertama untuk PJ, Hendrick Yonga menambah keunggulan 4-0. Poin pertama Prawira Harum dicatat Reza Guntara lewat free throw. Kejar mengejar poin di kuarter pertama, layup Yudha Saputra membawa Prawira berbalik unggul, namun dibalas lagi Vincent Kosasih 8-7 untuk PJ.

Perolehan poin Pelita Jaya sempat terhenti di angka 8 berkat pertahanan solid dari Prawira. Abraham Damar Grahita dan Pandu Wiguna membuat margin keunggulan Prawira melesat hingga berjarak 10 poin. Yesaya Saudale three point memutus perolehan poin sementara Prawira. Kuarter pertama ditutup oleh free throw Prastawa skor 13-18 untuk keunggulan Prawira.

Kuarter kedua Aldy Izzatur samakan poin lewat free throw 20-20. Layup Saudale membawa PJ unggul 22-20. PJ sempat menjauh namun kembali didekati lewati poin-poin krusial yang diciptakan Yudha Saputera. Akselerasi Reza Guntara di akhir kuarter kedua memenangkan Prawira 32-30 pada kuarter kedua ini.

Pada kuarter ketiga persaingan lebih ketat antara kedua tim. Kejar mengejar angka begitu rapat. Dua kali Prawira lengah karena kalah rebounds saat free throw PJ gagal hingga dimaksimalkan Vincent, satu kesempatan lain dimaksimalkan Izzatur. Pertahanan Prawira semakin kendur, turnover kerap dilakukan Manansang dkk, kuarter ketiga kini milik Pelita Jaya 49-42.

Inkonsistensi jadi permasalahan Prawira di gim ini. Kuarter terakhir, PJ semakin solid mendulang poin demi poin. Saudale sulit dihentikan total mencetak 23 poin, Hardian Wicaksono juga andal menyumbang poin demi poin total 14 poin. Skor akhir 71-57 untuk kemenangan Pelita Jaya.

Lanjut Membaca

Trending