Connect with us

Berita Persib

Persib Petik Satu Poin Mengawali Piala Menpora

Published

on

Persib Bandung melawan Bali United

Persib berbagi angka dengan Bali United dalam pertandingan pertama Grup D Piala Menpora 2021, di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (24/3/2021) malam. Gol Willian Pacheco di awal babak kedua buat Persib tertinggal. Namun justru keunggulan jumlah pemain–setelah Andhika Wijaya di kartu merah–bisa dimanfaatkan. Adalah Frets Butuan orang yang merobek jala gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan, menyamakan angka pada menit akhir.

BABAK I
Persib menurunkan materi pemain utama di starting eleven, pemain muda Beckham Putra disisipkan di dalamnya. Baik Persib dan Bali United sama-sama memperagakan sepakbola ofensif. Bali sedikit unggul dengan efektivitas serangan, bola-bola yang diarahkan ke dua sisi sayap yang diisi Stefano Lilipaly dan Fahmi Al Ayubi cukup merepotkan pertahanan Persib. Pada 10 menit awal dua center back Persib sudah mendapat kartu kuning dari wasit Yeni Krisdianto.

Penguasaan bola Persib terlihat gagap, beberapa keraguan membuat mereka kerap salah melakukan passing, kehilangan bola. Mengandalkan Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak, bola-bola crossing di udara tak tepat, karena sering dipatahkan dengan mudah Willian Pacheco dan Haudi Abdillah.

Jelang waterbreak Bali United mendapat peluang di dalam kotak penalti ketika Fahmi lepas dari kawalan, beruntung tendangannya masih tak tepat sasaran. Menit 35 Stefano Lilipaly mencoba mengeksekusi bola mati di depan kotak penalti, tendangannya masih mengena pagar betis, bola lalu diamankan I Made Wirawan.

Serdadu Tridatu terus mencari celah membongkar pertahanan Maung Bandung, sementara Persib selalu kalah dalam duel di lini tengah dimana sang mantan Hariono bermain apik malam itu. Dedi Kusnandar dan Beckham dibuat kesulitan mengontrol permainan.

Baru lah di 10 menit akhir jelang turun minum, Persib memeberikan ancaman-ancaman berbahaya. Anak-anak asuhan Robert Alberts bisa saja unggul lebih dulu, bola umpan Esteban Vizcarra dari kanan penyerangan gagal ditangkap Wawan Hendrawan, Ferdinand Sinaga yang berdiri di belakangnya kaget, gagal ia kontrol si kulit bundar, membuang peluang di gawang yang sudah kosong. Skor 0-0 bertahan pada babak pertama.

BABAK II
Babak kedua berjalan lebih seru, Persib memperoleh peluang emas lewat serangan balik. Prosesnya Beckham Putra yang memberi bola untuk Febri ke ruang kosong di kanan, kerja sama satu dua Bow dengan Ferdinand diakhiri dengan kegagalan Bow menyelesaikan peluang berhadapan satu lawan satu dengan Wawan Hendrawan.

Persib harus kecolongan lewat situasi tendangan bebas yang terjadi kemelut menit 52. Haudi Abdillah memberi umpan matang ke mulut gawang disambut Ricky Fajrin dengan heading menerpa tiang. Bola liar dicocor Pacheco lebih cepat dari bek Persib lainnya menjadikan gol, 1-0, Bali United sementara unggul.

Ketika memimpin, Bali dirugikan dengan kartu kuning kedua Andhika Wijaya akibat menjegal Febri Hariyadi. Kartu merah tak dapat dihindarkan ia harus mandi lebih cepat. Kondisi itu direspon langsung pelatih Stefano Cugurra Teco dengan pergantian pemain memasukkan Rizky Pellu dan Dias Angga menarik keluar Fadil Sausu dan Fahmi Al Ayyubi.

Pelatih Robert Alberts ingin memanfaatkan jumlah pemain, ia segera memasukkan penyerang asing asal Brasil Wander Luiz dan Abdul Aziz guna mengganti Ferdinand Sinaga dan Beckham Putra. Performa Febri yang di bawah standar juga menyusul ditukar Erwin Ramdani lalu Jupe masuk ganti Dado.

Di 15 menit tersisa Persib coba mengerahkan segala yang ada dengan meningkatkan intensitas serangan. Umpan sepak pojok Erwin Ramdani berbuah kemelut, Jupe yang mendapat bola liar coba ia arahkan ke ujung gawang namun ada Esteban Vizcarra rupanya dalam kawalan yang memantulkan bola untuk Frets Butuan. Tanpa ampun Frets menyambar bola merobek gawang Bali United, 1-1, Persib menyamakan angka, sekaligus skor tersebut bertahan hingga usai.

Line Up
Persib: I Made Wirawan; Nick Kuipers (KK 8′), Victor Igbonefo (KK 10′), Ardi Idrus (KK 84′), Henhen Herdiana (Bayu Fiqri 86′); Dedi Kusnandar (Achmad Jufriyanto 74′), Beckham Putra (KK 58′, Abdul Aziz 61′), Febri Hariyadi (Erwin Ramdani 74′), Esteban Vizcarra (KK 70′), Frets Butuan (Gol 88′); Ferdinand Sinaga (61′ Wander Luiz).

Cadangan: Teja Pakualam, Dhika Bayangkara; Achmad Jufriyanto, Bayu Fiqri, Zalnando, Mario Jardel; Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Ezra Walian, Wander Luiz.

Bali United: Wawan Hendrawan; Haudi Abdillah (KK 38′, Gunawan Dwi 69′), Willian Pacheco (Gol 52′), Ricky Fajrin, Andhika Wijaya (KK 48′, 55′, KM 55′); Hariono, Diego Assis (M Rahmat 69′), Fadil Sausu (Rizky Pellu 59′), Stefano Lilipaly (Yabes Roni 82′), Fahmi Al Ayyubi (Dias Angga 59′); Ilija Spasojevic (Lerby Eliandry 82′, KK 91′).

Cadangan: Nadeo Arga Winata; Dias Angga, Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah, Gavin Kwan; Rizky Pellu, Taufiq; Lerby Eliandry, M Rahmat, Yabes Roni.

Advertisement
6 Comments

6 Comments

  1. Lord maung

    24/03/2021 at 21:14

    Lumayanlah…itung-itung persiapan kanggo liga engke ( melihat dan meraba-raba sampai sejauh mana kesiapan serta perkembangan para pemain dan permainan tim Persib ).

  2. Suharmoko

    24/03/2021 at 21:16

    Goreng pisan maen teh sib. Jiga liga 2. Lawan bali ge meni ripuh komo itu 10 pamaen kudu na 3 point jeung bisa ngasupkeun 4 gol. Komo lawan tim alus sib. Kudu diperbaiki ah ulah jiga kitu maen na. Tim sakelas persib draw mah sarua we jeung eleh. Era sib katingali ku dunia.

  3. Agar sugar

    24/03/2021 at 21:47

    Alhamdulilah salut dengan persiapan yang sempit Persib bisa. Mengimbangi bali…selamjutnya. Siksa. Persita dan persiraja dalam bahaya…karena Persibku akan Menganiyaya sampai tak nerdaya…aamiin yra..majulah Persibku.

  4. Bim

    24/03/2021 at 21:56

    Tp dlm persiapan yg sama, dgn keunggulan pemaen, tp persib msh dibwh permaenan bali, ditekan trs sama bali, ni maaf biar persib lbh ngotot dan semangat.

    • ARSeven

      24/03/2021 at 22:07

      Can kompak euy, blm ada chemistry, grogi sugannya,,,ditunggu duet WAWAN …WALIAN – WANDER

      • Om

        25/03/2021 at 07:34

        Disyukuri we..kan rame diberitakan yeun balimah geus lewih tiheula persiapana,. Ti februari..karna manehna maen di afc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Pandangan Komisaris Persib Soal Liga 1 Dilanjutkan dengan Sistem Bubble

Avatar photo

Published

on


Sudah dua bulan Kompetisi Liga 1 2022-2023 terhenti sejak 2 Oktober lalu akibat dampak insiden Kanjuruhan. Angin segar kelanjutan liga muncul akan kembali kick-off 2 Desember, namun kemungkinan urung setelah rapat koordinasi antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Polri beberapa waktu lalu tak menemukan kata sepakat.

Komisaris Persib Umuh Muchtar sudah memprediksi lanjutan Liga 1 2022-2023 akan sulit terlaksana selama Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI belum digelar. KLB sendiri baru bisa akan dilaksanakan pada Februari 2023 sesuai arahan dari FIFA.

“Apa kata saya benar saya sudah pernah ngomong tidak akan, karena belum jelas walau sudah dijadwalkan saya sudah ngomong belum kondusif. Makanya sekarang lebih baik KLB dulu setelah KLB baru dibentuk lagi yang jelas,” tanggap Umuh.

PSSI dan PT LIB merancang pertandingan lanjutan Liga 1 2022-2023 dilaksanakan dengan sistem bubble terpusat di Jawa Tengah tanpa penonton. Ada empat stadion ditunjuk, yakni Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Jatidiri Semarang, Stadion Moch Soebroto Magelang, dan Stadion Sultan Agung Bantul. Umuh punya pandangan tersendiri akan rencana tersebut.

“Sekarang katanya tanpa penonton terpusat di satu tempat (bubble) sudah tidak bagus lebih baik selesaikan dulu jangan terburu-buru. Memang jadinya terlalu lama. Terlalu lama tapi kalau dipaksakan juga seperti ini,” opini Umuh.

Situasi penghentian liga diakui tak hanya merugikan Persib namun juga berdampak kepada seluruh klub. Ia berharap pihak berwenang tegas segera menyelesaikan kasus insiden Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa meninggal karena gas air mata yang dilontarkan aparat kepolisian.

“Semua rugi bukan hanya Persib semua terpukul dengan kejadian seperti ini. Sudah terlalu lama (kasus berlarut-larut),” sebut Umuh.

Lanjut Membaca

Berita Persib

TC Bareng Timnas di Luar Negeri, Robi Petik Pelajaran

Avatar photo

Published

on


Agenda pemusatan latihan dilakukan Robi Darwis bersama timnas U-20 selama sekitar dua bulan. Dua negara yaitu Turki dan Spanyol didatangi oleh gelandang Persib ini bersama Garuda Muda. Kegiatan ini berakhir pada akhir pekan lalu dan sang pemain kini sudah tiba di Indonesia.

Beragam agenda uji coba dilakoni Indonesia U-20 selama agenda pemusatan latihan ini. Hasil yang didapat skuat asuhan Shin Tae-yong juga beragam terutama saat menetap di Turki. Sedangkan ketika berada di Spanyol, hasil yang didapat kurang baik karena mencatatkan tiga kekalahan serta satu hasil imbang.

Robi Darwis pun mengatakan bahwa banyak pelajaran yang didapatkan dari pemusatan latihan kali ini. Terutama saat harus bertanding menghadapi lawan-lawan dengan kualitas dan postur tubuh yang lebih unggul. Meski kalah, tapi setidaknya ada hal positif yang bisa didapatnya.

“Tentunya pengalaman sangat berharga banget, karena kita ketemu lawan yang jauh levelnya dari kita. Tentunya kita mendapat pelajaran yang sangat berharga,” kata pemain jebolan Diklat Persib ini saat diwawancara oleh wartawan usai latihan di Stadion Sidolig, Kamis (1/12).

“Baik itu dari cara bermain, menghadapi situasi lawan-lawan yang lebih tinggi dari kita gimana. Sama mungkin pengalaman mereka memang lebih baik sih dan kita bisa mengambil pelajaran dari mereka,” lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini.

Agenda pemusatan latihan timnas U-20 sendiri dilakukan sebagai persiapan jelang Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-20 yang digelar tahun 2023. Namun ditanya soal agenda TC berikutnya, dia belum mendapat kabar kapan dikumpulkan lagi. “Untuk TC timnas berikutnya belum tahu,” tandas Robi.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Pemain Persib Kunjungi Korban Gempa di Cianjur Besok

Avatar photo

Published

on


Perwakilan pemain Persib akan mengunjungi korban gempa Cianjur, Jumat (2/12) besok. Salah satu pemain yang akan pergi adalah Robi Darwis yang juga merupakan pesepakbola asal Cianjur. Dia menyebut agenda tersebut akan dilakukan besok pagi sebelum tim menggelar agenda latihan.

“Iya ada kunjungan besok pagi, pergi dari sini subuh paling. Dan sorenya kan kita ada latihan lagi, jadi kemungkinan kita pulang pergi,” kata gelandang bertahan berusia 19 tahun tersebut saat diwawancara, Kamis (1/12) sore.

Kabupaten Cianjur dilanda gempa berkekuatan magnitudo 5,6 dan menewaskan lebih dari 200 korban jiwa. Selain itu ratusan orang mengalami luka-luka dan ribuan rumah pun hancur. Doa dan harapan pun dipanjatkan pemain yang juga gabung tim nasional U-20 tersebut.

“Tentunya berdoa semoga Cianjur bisa lekas membaik lagi dan yang ditinggalkan oleh keluarganya ditabahkan lagi, semoga Cianjur lebih kuat dan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya,” terang pemain yang musim ini dipromosikan gabung tim senior Persib.

Sebagai pemain yang berasal dari Cianjur, dia menyebut rumahnya di sana baik-baik saja. Namun ada tetangganya yang cukup terdampak dari gempa ini. “Lumayan (jauh) sih tapi di sekitar rumah Robi juga ada yang kena juga sih. Tapi yang lebih parahnya di Cianjur kotanya,” tukasnya.

Lanjut Membaca

Trending