Connect with us

Olahraga Jawa Barat

Peran D’Blue Bagi Bandung bjb Tandamata di Proliga 2023

Avatar photo

Published

on


Bandung bjb Tandamata berhasil mengamankan dua kemenangan di seri awal Proliga 2023 di Bandung pada 5-8 Januari lalu. Pada pertandingan pertama, tim asuhan Alim Suseno sukses mengatasi perlawanan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 3-1 (25-19, 22-25, 25-13, 25-18). Sementara pada pertandingan kedua, bjb Tandamata mengandaskan Jakarta BIN dengan skor 3-0 (25-16, 25-19, 25-16).

Keberhasilan Bandung bjb Tandamata menyapu bersih pertandingan di kandang di Gor Sabilulungan, Kompleks Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, membawa mereka memimpin klasemen sementara Proliga 2023 sektor putri. Lewat dua kemenangan bjb Tandamata mengemas 6 poin dengan rasio set 6.00 dan rasio poin 1.37.

Kemenangan tersebut menjadi modal berharga menuju seri Purwokerto Jawa Tengah yang akan berlangsung 12-15 Januari. Jelang menghadapi pertandingan ketiga Proliga 2023, ketua tim Tahyan Iskandar tak mau melupakan peran pendukung Bandung bjb Tandamata D’Blue.

Di tengah perjuangan tim melewati rintangan Jakarta BIN, D’Blue memberi dukungannya di atas tribun. Kehadiran D’Blue tentunya bisa memberikan tambahan motivasi dan semangat bagi Wilda Siti Nurfadhilah dkk.

“Di antara ribuan suporter BIN, fans Bandung bjb Tandamata tetap berkibar. Sungguh epik dan bagi para pemain, kehadiran suporter tentunya memberikan motivasi tersendiri. Terima kasih banyak atas dukungan dari kalian semua D’Blue,” ungkapnya.

Direktur bank bjb Yuddy Renaldi juga mengucapkan terimakasih atas dukungan para fans yang mendukung langsung ke venue pertandingan. Ia berharap tren kemenangan terus dicapai Alim Suseno dan anak-anak asuhannya guna merealisasikan mempertahankan gelar Proliga.

“Tentunya dukungan suporter menjadi penyemangat bagi para pemain saat bertanding di lapangan. Saya ucapkan terima kasih kepada para suporter yang telah menyemangati tim. Semoga kemenangan demi kemenangan bisa kembali diraih,” ucap Yuddy.

Olahraga Jawa Barat

Tegang di Lima Set, Pelatih Bandung bjb Tandamata Sebut Final Proliga 2023 Ideal

Avatar photo

Published

on

Lewat pertarungan ketat lima set, Bandung bjb Tandamata (BJB) keluar sebagai pemenang dalam partai final Proliga 2023 melawan Jakarta Pertamina Fastron (JPF) Sabtu (18/3/2023) di Gor Amongrogo, Yogyakarta. Kemenangan 3-2 (27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8), membawa BJB mempertahankan gelar juara yang diraih di tahun sebelumnya di Proliga 2022.

Capaian Bandung bjb Tandamata (BJB) back to back juara Proliga 2022 dan 2003 menyamai capaian Surabaya Bank Jatim pada 2007 dan 2008. Jakarta Elektrik PLN bahkan pernah melakukan hattrick juara pada musim 2015, 2016, dan 2017. Ini merupakan era terbaik Bandung bjb Tandamata di masa kepelatihan Alim Suseno.

Ya, Alim adalah orang di balik kesuksesan BJB mendominasi Proliga sektor putri dalam dua tahun terakhir. Ia mampu mengukuhkan gelar keempat bagi tim bola voli kebanggaan Kota Bandung itu. Seperti prediksinya pertandingan final tidak mudah.

“Di pertandingan ini saya sudah yakin tidak akan mudah. Tapi Alhamdulillah Allah memberi kita rezeki untuk menjadi juara kali ini,” kata Alim Suseno usai pertandingan.

BJB dibuat tertinggal pada set pertama dengan margin 17-23. Adjustment Alim dalam laga ini sangat jitu, Nandita Ayu dkk berhasil menyamakan skor 23-23 memaksa deuce 24-24 dan 25-25. Tiara Sanger setter yang kembali dimasukkan Alim menjadi penentu kemenangan BJB di set pertama lewat ace-nya dua kali beruntun 27-25.

Set kedua kembali diraih BJB dalam skor 25-22. Saat pemain BJB menganggap laga akan berjalan tiga set, JPF tidak patah arang, Yolla Yuliana cs membalas BJB di set ketiga dan keempat 26-24 dan 25-20. Tapi BJB menunjukkan mental juara pada set terakhir unggul telak 15-8.

Apa yang disajikan di partai final ini merupakan gambaran dari final ideal yang diharapkan Alim sebelumnya. “Ini pertandingan final ideal, kami di penyisihan kalah dua kali (oleh JPF), di final four giliran kami yang menang dua kali dan Alhamdulillah sekarang di final kami bisa menang,” sebut Alim.

Alim mengakui adanya sikap terburu-buru yang dilakukan pemainnya sehingga kehilangan set ketiga. Wilda Siti Nurfadhilah dkk kehilangan fokus dan harus memainkan lima set. Alim bersyukur pemainnya bisa fight hingga akhir.

“Setelah unggul dua set, anak-anak terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan set ketiga kita kehilangan fokus, dan berlanjut ke set keempat. Alhamdulillah set kelima bisa mengambil dan jadi juara,” ucap Alim.

Lanjut Membaca

Breaking News

Bandung bjb Tandamata Juara Proliga 2023, Kukuhkan Gelar Keempat

Avatar photo

Published

on


Bandung bjb Tandamata (BJB) berhasil back to back juara di Proliga 2023 usai mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron (JPF) di partai final, Sabtu (18/3/2023) di Gor Amongrogo Yogyakarta. Lewat pertarungan sengit lima set, BJB menang 3-2 (27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8). Ini sekaligus mengukuhkan gelar keempat masing-masing tahun 2003, 2006, 2022, dan 2023.

Jalannya permainan, block Yolla Yuliana membawa poin pembuka untuk JPF di set pertama. Strategi back attack dari BJB mampu mendulang beberapa poin awal. Pertamina Fastron berada di atas angin ketika monster block Megawati Hangestri membawa keunggulan enam angka 23-17. Tetapi BJB memperlihatkan mentalitas juaranya, margin enam angka tersebut justru berhasil dikejar secara beruntun menyamakan angka 23-23 lewat spike keras Madeline Guillen.

Alim Suseno pelatih BJB memperlihatkan kejeliannya dalam membaca situasi. Ia melakukan penyesuaian di poin-poin kritis, memasukkan Tiara Sanger disusul Sari Hartati. Setelah melewati deuce 24-24 dan 25-25, dua kali ace Sanger berhasil mengunci kemenangan dramatis BJB di set pertama 27-25.

BJB semakin percaya diri ketika mendapatkan angin berkat comeback enam angka di set pertama. Momen kejar mengejar, susul menyusul poin sengit terjadi. BJB mulai meninggalkan JPF dalam poin-poin kritis dengan margin dua poin dalam skor 22-20. Cross spike Oleksandra Bytsenko melebar memberikan set poin untuk BJB 24-21. Madeline Guillen mengunci kemenangan pada set kedua lewat spike keras skor 25-22.

JPF tak ingin pertandingan berakhir dengan cepat. Mereka terus mengungguli BJB sepanjang set ketiga, BJB mampu menjaga jarak untuk mencari kebangkitan seperti set pertama. Pelatih JPF Eko Waluyo sudah mengantisipasi momen comeback lawan kembali terjadi. Sempat deuce 24-24, JPF memperpanjang nafasnya dengan mengambil set ketiga 26-24.

Memaksa bertarung di set keempat, JPF unggul 10-7. BJB dibuat terus tertekan, ace madeline sempat menyamakan skor 13-13, akan tetapi megawati berulang kali mendulang poin. Bytsenko pula memperbaiki performanya kali ini menjauhkan keunggulan 19-15.

Strategi BJB memperkuat pertahanan dengan memasukkan Sari Hartati dan Hawa Nur Fitria tak berjalan sesuai keinginan. Justru Ajeng Viona mampu menjawab kepercayaan dengan membuat set point, sekaligus mempersembahkan kemenangan di set keempat untuk JPF 25-20. Skor set kini 2-2.

BJB dalam tekanan besar, bagaimana tidak? seperti akan menyudahi pertandingan dengan cepat, justru JPF punya cara untuk memaksa bertarung hingga set kelima. JPF membuka set penentuan ini dengan apik lewat serangan Megawati dan Ajeng Viona. BJB justru memperlihatkan serangan yang tajam lewat aksi Madeline Guillen yang berhasil membalikkan keadaan 5-4. Cross spike Madeline membawa BJB mendapatkan poin interval 8-4

JPF coba mengejar dengan segala daya yang ada, Agustin Wulandhari dan Bytsenko memperkecil margin ketinggalan 7-12. Tiba giliran Ceren Kapucu berada di rotasi depan, pemain asing asal Turki ini rupanya menjadi penentu gelar back to back juara Bandung bjb Tandamata di Proliga.

Starter:
BJB: Nandita Ayu, Madeline Guillen, Tiara Sanger, Wilda Siti Nurfadhillah, Ceren Kapucu, Shella Bernadetha, Yulis Indahyani.
Coach: Alim Suseno.

JPF Waluy: Megawati Hangestri, Arneta Putri Amelia, Oleksandra Bytsenko, Agustin Wulandhari, Marija Zelenovic, Yolla Yuliana, Ditha Azzizah
Coach: Eko Waluyo.

Lanjut Membaca

Olahraga Jawa Barat

Pasang Surut Perjalanan Bandung bjb Tandamata Jelang Final Proliga 2023

Avatar photo

Published

on

Bandung bjb Tandamata berpeluang mempertahankan gelar juara di Proliga 2023. Jadwal final Proliga 2023 putri, Bandung bjb Tandamata (BJB) akan menghadapi Jakarta Pertamina Fastron (JPF), Sabtu (18/3/2023) di Gor Amongrogo Yogyakarta pukul 17.00 WIB.

Perjalanan bjb Tandamata di gelaran Proliga 2023 tak berjalan mulus, mereka harus beradaptasi dengan opposite asing asal Turki yang baru didatangkannya musim ini Ceren Kapucu. Performa Ceren tak langsung turn in dengan Wilda Siti Nurfadhilah cs di awal-awal.

Faktanya, tim asuhan Alim Suseno selalu berada di bawah bayang-bayang Pertamina Fastron yang mendominasi sejak awal Proliga 2023 dimulai. BJB harus menerima kekalahan back to back oleh Yolla Yuliana cs di fase reguler. Tim bola voli kebanggaan Kota Bandung itu harus puas lolos ke final four dengan status runner-up.

BJB finish fase reguler dengan mengemas enam kemenangan, empat kekalahan, dan 19 poin dari 10 pertandingan. Menjelang final four, keraguan publik kepada BJB untuk melangkah lebih jauh mulai muncul melihat performa tim di putaran kedua yang menelan tiga kekalahan dari Pertamina Fastron, Jakarta BIN (BIN), dan Jakarta Popsivo Polwan (JPP).

Namun Alim mampu mengubah keraguan menjadi sebuah harapan dengan keyakinan. BJB tancap gas di putaran pertama final four menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan mengalahkan Pertamina Fastron, BIN, dan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (GPP). Wilda cs bermain cemerlang, setter semakin cakap memberi umpan, Ceren Kapucu dan Madeline Guillen unjuk gigi sebagai pointer utama.

Sayang, kemenangan 100 persen BJB di final four ternoda karena kekalahan 0-3 dari BIN di game keempat. Namun, mereka melakukan penebusan dengan menghabisi GPP dan JPF. Hasil di final four membuat optimisme Bandung bjb Tandamata menjulang menyongsong final dan bertekad mempertahankan gelar.

Ini perjalanan Bandung bjb Tandamata di selama gelaran Proliga 2023.

Putaran Pertama Fase Reguler :

(W) 5/1/2023, GPP 1-3 BJB (19-25, 25-22, 13-25, 18-25). Gor Sabilulungan, Kabupaten Bandung.

(W) 8/1/2023, BIN 0-3 BJB (16-25, 19-25, 16-25). Gor Sabilulungan, Kabupaten Bandung.

(L) 12/1/2023, JPF 3-1 BJB (23-25, 26-24, 25-15, 25-20). Gor Satria, Purwokerto.

W 19/1/2023, JPP 1-3 BJB (16-25, 21-25, 25-17, 20-25). Gor PSCC, Palembang.

W 21/1/2023, JEP 0-3 BJB (21-25, 19-25, 22-25). Gor PSCC, Palembang.

Putaran Kedua Fase Reguler :

(L) 3/2/2023, BJB 0-3 BIN (17-25, 20-25, 22-25). Gor Tri Dharma, Gresik.

(W) 4/2/2023, BJB 3-1 GPP (27-25, 25-15, 21-25, 25-11). Gor Tri Dharma, Gresik.

(L) 10/2/2023, BJB 1-3 JPF (20-25, 23-25, 31-29, 23-25). Gor Ken Arok, Malang.

(W) 12/2/2023, JEP 1-3 BJB (19-25, 18-25, 25-23, 18-25). Gor Ken Arok, Malang.

(L) 16/2/2023, JPP 3-2 BJB (25-21, 19-25, 30-28, 15-25, 15-10). Gor UNY, Yogyakarta.

FINAL FOUR

(W) 23/2/2023, BJB 3-2 BIN (21-25, 25-23, 28-26, 24-26, 15-12). Gor Tri Dharma, Gresik.

(W) 25/2/2023, BJB 3-2 GPP (33-31, 20-25, 19-25, 25-19, 15-9). Gor Tri Dharma, Gresik.

(W) 3/3/2023, JPF 0-3 BJB (18-25, 20-25, 15-25). Gor Jatidiri, Semarang.

(L) 4/3/2023, BJB 0-3 BIN (28-30, 24-26, 15-25). Gor Jatidiri, Semarang

(W) 9/3/2023, BJB 3-0 GPP (25-17, 25-21, 25-20). Sritex Arena, Solo.

(W) 12/3/2023, JPF 1-3 BJB (18-25, 17-25, 25-14, 23-25). Sritex Arena, Solo.

Lanjut Membaca
Advertisement

Advertisement

Komentar Bobotoh

Arsip

Trending