Connect with us

Berita Persib

Keluh Kesah Robert Liga 1 Terus Mundur

Published

on

Foto: Dok. Persib Bandung


Kompetisi yang harusnya sudah kick-off 9 Juli sementara ditunda. Dan terjadi lagi, Liga 1 kembali mundur karena alasan sama di tahun lalu (2020), sebabnya adalah Covid-19. Pandemi ini belum bisa dikendalikan di Indonesia, angka positif melonjak naik pasca libur lebaran kemarin.

Sepakbola Indonesia yang perhelatan pertandingannya membutuhkan izin kepolisian, juga megacu kepada aturan pemerintah, harus pasrah mendengar kabar pengunduran itu. Padahal Piala Menpora 2021 kemarin sudah berhasil dilaksanakan. Menjadi ajang percobaan bagaimana pertandingan sepakbola digelar dalam situasi pandemi.

Disana protokol kesehatan diterapkan sangat ketat, seluruh anggota tim mendapatkan vaksinasi. Tes Covid-19 juga secara berkala dilakukan, guna memastikan hanya mereka yang negatif dari virus bisa berlaga di hari pertandingan. Pemain juga dikarantina di sebuah hotel dengan format kompetisi penuh, sistem series to series berpusat di Pulau Jawa tanpa penonton.

Robert Alberts pelatih Persib mengungkapkan keluh kesahnya. Bagaimana protokol kesehatan seketat itu belum bisa menjadi modal untuk digelarnya liga sesuai jadwal. Para pelaku sepakbola di Indonesia bertanya-tanya sampai kapan nasib mereka diperlakukan dengan tidak hormat seperti ini. Padahal pelatih, pemain, dan ofisial bergantung hidup kepada berjalannya kompetisi.

“Ya, saya bisa bilang tidak hanya pemain asing saja tapi juga para pemain lokal memikirkan apa yang sebenarnya terjadi di Indonesia. Saya sebelumnya pernah mengatakan, kami diperlakukan tanpa adanya rasa hormat,” kata Robert.

“Orang-orang mengambil keputusan tentang hidup kami tanpa memikirkan konsekuensi yang akan dialami oleh para pemain, ofisial, juga keluarga mereka selama satu setengah tahun. Tidak ada pembicaraan yang digelar,” lanjutnya.

Itu yang menyebabkan Persib harus kehilangan salah satu pemain asingnya. Juga mereka kesulitan mendatangkan slot pemain Asia, bersusah payah membujuk Mohammed Rashid untuk mau berkarier di Indonesia dalam ketidakpastiannya. Belum lagi seluruh elemen dalam tim harus rela mendapat gaji 25 persen.

“Pemain asing yang kami sebelumnya dekati, mereka juga mengatakan yang sama bahwa mereka tidak tertarik dengan sepakbola Indonesia, karena mereka tidak tahu kapan liga akan digelar, ditambah lagi gaji yang mereka dapatkan hanya 25 persen. Ini menjadi sebuah cerita yang sangat menyedihkan,” imbuhnya.

Advertisement
4 Comments

4 Comments

  1. urang bandung asli

    11/07/2021 at 17:29

    kuring mah ngan bisa ngurut2 dada…..

  2. onyon

    13/07/2021 at 02:27

    bahh te ningali kondisi covid di indonesia yg meninggal tiap hari angkanya naik ?? cing simpatik kepada kondisi pademi indonesia yg sangat mengharukan ini jangan memikirkan diri sdri , boro boro mikirken maen ball , ekonomi ge ripuhh usaha paremm , ayeunaa mah fokus kana pertahankan hidup hela …bs hidup ge ges aluss , laen na merengek kd liga bergulir pemerintah ge pusing urus nu pademi ….lamun te suka mah balik we ka walanda , dasar jiwa penjajah te mikir kondisi rakyat Indonesia yg lagi menangis …

    • Mmm

      14/07/2021 at 00:36

      Menangis ku naon..

  3. Agar sugar

    13/07/2021 at 14:53

    Lain di Indonesia hungkul ngaran Pandemi covid teh, ampir dikabeh nagara kakenaan, ayena urang kabeh geus pagiling gisik jeung nu ngarana covid, jdi. Intina sgla Kagiatan kudu hirup deui, asal ngagunakeun prokes, sok komo deui maenbal, eta teh hiburan rakyat, hampir kabeh raresep kana maenbal, smentra covid bisa kaphokeun oge imun tambah kuat, jdi teu aya Alesan deui liga terus Di undur maaju terus Bah Obet ( Rene Albert) hidup Persib…bah obet hidup…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Henhen Herdiana Tak Mau Cepat Puas

Avatar photo

Published

on


Persib Bandung mencatat 14 pertandingan tak terkalahkan di Liga 1 2022/2023. Persib juga kembali ke puncak klasemen menggeser posisi Persija Jakarta dan PSM Makassar. Hal itu dicapai setelah mengalahkan PSS Sleman dalam pertandingan pekan ke-22 Minggu (5/2/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Henhen enggan cepat puas dengan rekor tersebut. Menurut Henhen masih panjang perjalanan Persib untuk finish dengan gelar juara. Maung Bandung tidak boleh terlena atau euforia berlebihan. Sebanyak 13 pertandingan final lainnya menanti di depan, terdekat menghadapi Bali United, Jumat (10/2/2023).

“Pertama itu karena kehendak yang di Atas, atas kehendak Allah memberikan kemudahan kepada kami. Mudah-mudahan hasil selama 14 (pertandingan) ini tidak membuat seluruh pemain, staf, official dan manajemen tidak merasakan puas karena perjalanan baru dimulai,” papar Henhen.

Henhen menjadi penyumbang assist terbanyak kedua saat ini dengan empat assist, di bawah David da Silva yang sudah mencatatkan lima assist. Henhen sedang onfire musim ini melanjutkan performa apiknya pada musim lalu (2021-2022).

Menurut Henhen semua pemain pernah merasakan kariernya sedang di atas dan saat berada di bawah. Henhen yang pernah mengalami cercaan dan makian ketika sedang underperform, namun tidak menyerah adalah kunci. Cercaan menjadikan mentalitas Henhen semakin kuat hingga perlahan memperbaiki performanya bisa sampai seperti saat ini.

“Semua pemain mungkin mengalami proses itu. Kadang dibawah, kadang diatas karena itu mungkin berkat kerja keras dari kita sendiri. Henhen tidak merasa puas bahkan Henhen banyak-banyak kekurangan,” tuturnya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Persib Punya Waktu Lima Hari untuk Siapkan Laga Kontra Bali United

Avatar photo

Published

on


Euforia kemenangan melawan PSS Sleman segera harus disudahi. Persib Bandung akan menghadapi laga tandang lebih sulit melawan tim juara bertahan Bali United dalam pertandingan pekan ke-23 Liga 1 2022/2023, Jumat (10/2/2023) mendatang.

Luis Milla menaruh respek kepada Bali United yang ditukangi pelatih berpengalaman Stefano Cugurra. Tim arahan Luis Milla punya waktu lima hari untuk mempersiapkan skuadnya. Persib dibayangi rekor buruk menghadapi Bali United, mereka belum pernah menang sejak 2017.

“Saya menaruh hormat kepada Bali karena mereka tim yang bagus. Ada banyak pemain yang berkualitas dan memiliki pelatih dengan level yang tinggi dan sudah bekerja di Indonesia dalam waktu yang lama,” respek Milla.

Menurut pelatih 56 tahun ini laga Bali United vs Persib adalah laga layaknya final, dua kubu kekuatan yang punya level permainan yang setara di Liga 1 2022/2023. Dari sisi pemain, pelatih, dan posisi keduanya di klasemen yang tidak begitu jauh.

“Menurut saya, bagi tim kami laga ini seolah pertandingan final dan kami punya waktu lima hari untuk melakukan persiapan menghadapi Bali. Menurut saya, kami akan bertanding dengan tim yang punya level yang setara, ada di level teratas baik itu dari sisi pelatih dan pemain,” paparnya.

“Sekarang dalam situasi seperti ini, kami menaruh respek pada mereka dan terus bekerja dengan gaya yang kami miliki dan memikirkan konsep untuk terus berbenah menghadapi laga berikutnya,” tandasnya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

DDS Segera Alihkan Fokus ke Laga Melawan Bali United

Avatar photo

Published

on


Usai mengatasi perlawanan PSS Sleman dengan kemenangan, kini giliran Bali United menanti Persib Bandung di depan. Lawan yang tangguh dan punya kekuatan selevel dengan tim arahan Luis Milla di Liga 1 2022-2023. Laga Persib melawan Bali United akan digelar Jumat (10/2/2023) dalam pekan ke-23.

Penyerang Persib David da Silva tahu situasinya, Persib sedang percaya diri usai tak terkalahkan di 14 pertandingan terakhir. DDS akan mengalihkan fokus menuju laga penting di depan guna meraih enam kemenangan beruntun.

“Ya ini tentunya sangat bagus. Tapi tetap harus memikirkan laga demi laga. Kini kami harus menghadapi Bali dan kami melihat ke depan untuk bisa mendapatkan tiga poin lagi,” kata DDS.

Bali United merupakan juara bertahan, adalah favorit juara musim ini. Namun kini mereka tercecer di posisi enam klasemen berjarak 10 poin dengan Persib di puncak klasemen. Serdadu Tridatu tengah berusaha bangkit dan naik peringkat.

“Memang kami tahu ini akan sulit untuk bisa memenangkan pertandingan. Kami harus bisa meraih tiga poin lagi untuk tetap menjaga jalan menuju gelar juara, karena jika mau menjadi juara kami harus selalu memikirkan kemenangan di setiap pertandingannya,” papar DDS.

Penyerang asal Brasil itu ingin terus menjaga momentum tetap berada di posisi puncak klasemen. Ia akan bersiap menuju laga Jumat nanti. “Jadi kami akan bersiap dan kami juga percaya diri, semua pemain akan melakukan persiapan dan kami menatap ke depan” tukasnya.

Lanjut Membaca
Advertisement

Advertisement

Komentar Bobotoh

Arsip

Trending