Connect with us

Berita Persib

Ini Saran Emral untuk Pelatih Persib Berikutnya

Avatar photo

Published

on

Jabatan pelatih kepala Persib sudah resmi dilepaskan oleh Emral Abus usai kompetisi 2017 rampung. Dalam kiprahnya menangani tim Maung Bandung, Emral memang jauh dari kata sempurna. Namun pria asal Padang itu masih peduli dengan kiprah Persib untuk kembali menujukan taringnya di kompetisi kasta tertinggi musim depan.

Dia juga mempunyai beberapa saran kepada pihak klub terutama di aspek teknis. Salah satunya memperhatikan lapangan latihan guna mengasah kemampuan para pemain. Karena perbedaan permukaan dari rumput artificial dan asli sangat berbeda dan berpengaruh dalam adaptasi pemain.

“Sejauh ini kan latihan banyaknya di rumput sintetis, sementara kalau bertanding itu tidak di lapangan rumput sintetis. Jadinya permainan kita engga maksimal,” jelas Emral saat dihubungi oleh awak media, Selasa (21/11).

Selain itu pelatih terpilih juga harus memperhatikan jarak dari Mes Persib ke Si Jalak Harupat saat pertandingan. Durasi tempuh yang panjang dengan jarak yang panjang menurutnya bisa menguras stamina pemain jelang laga. Padahal sebagai tuan rumah, pasukan Maung Bandung harus diuntungkan khususnya soal kebugaran.

“Ke depannya kalau main di Jalak Harupat lebih baik tidurnya di hotel saja. Karena yang jadi lawan kita juga di hotel jadi dari stamina mereka lebih terjaga,” jelasnya.

Selain itu Emral juga meminta Persib untuk memperhatikan armada kepelatihan. Ketika dia memegang tim musim lalu, hanya ada tiga staf pelatih saja yaitu Herrie Setyawan (asisten pelatih), Anwar Sanusi (pelatih kiper) dan Yaya Sunarya (Pelatih fisik). Ketika tim bermain tandang, seharusnya pemain yang tak masuk rombongan tetap berlatih di Bandung diawasi oleh asisten pelatih lain.

“Padahal pemain yang ditinggalkan ketika kita bermain laga away itu harus latihan lebih berat agar kualitasnya sebanding dengan pemain inti,” jelasnya.

Selain itu menurutnya Persib butuh sosok khusus yang punya tugas menjadi match analyst. “Kalau semuanya sama pelatih akan sulit. Karena kan kalau waktu pertandingan pelatih duduk di bench dan penglihatannya terbatas,” jelasnya.

Advertisement
61 Comments

61 Comments

  1. chevouth

    22/11/2017 at 11:46

    Sim kuring usul pelatih persib TAHUN PAYUN anu masih mungkin tersisa kumaha lamun INDRA SYAFRI, punya Visi anu jelas diantarana menciptakan bintang dari para pemain muda anu potensial

  2. Mr.1982

    22/11/2017 at 11:48

    Pergerakan Rekrut Pemain dan Pelatih Persib Lamban,
    Team lain sudah cepat karena waktu jeda kompetisi Pendek,
    Peran WHU memang besar di persib termasuk ambil keputusan karena WHU punya dana melimpah Ceuk paribasana Kajen ngamodal sorangan.
    Nah skr WHU banyak di kritik dan Kena sangsi oge, jadi Pergerakan Rekrut Rada
    Hararese,
    RD gosip Sudah deal Dengan Sriwijaya Karena mereka berani Untuk Ngejar secara serius ,
    Ayooo Sib sing rada Action ah tong loba itu ieu evaluasi sagala,
    Kan geus jelas meren pelajaran musim kamari……
    Goooo Gooooo Persib.

  3. Mr.1982

    22/11/2017 at 11:52

    Referensi Pelatih, Nilmaizar
    Pemain.
    1. Victor Igbonefo
    2. Spaso
    3. Paulo sergio

    • Teuing ah

      22/11/2017 at 12:17

      WHU #sudahsaatnyapensiun

      • Tukang tabung

        22/11/2017 at 13:29

        Moal sampe iraha oge hihihi

  4. Tukang tabung

    22/11/2017 at 13:27

    Apanan mimiti kompetisi latihan di lapangan byasa. Essien jeung si cole mere masukan tong latihan di lap sintesis.. trs.. naha balik deui?…

  5. Zaki gentong

    22/11/2017 at 14:01

    Ah rarasaan baheula saya ge sok meng ball .bahkan marag ti bandung ka garut .tp asa teu meakeun tanaga nu loba .enjoy we maen mah . Komo ieu ti mess persib ka jalak mah deukeut .jadi teubisa di jadikeun alesan

  6. Baden

    22/11/2017 at 14:20

    kurang syukuran jigana mah.

  7. suker

    22/11/2017 at 14:55

    loba teori akh…keur ngalatih Persib hasilna melehoy. loba alesan. Mere saran sagala siga keur dilatih ku embus emang persib hade kitu? preet ahh

    • soni ardiansyah

      23/11/2017 at 12:08

      muhun leres pisan kang, kanggo coach emral abus tong sok loba mere saran lah ka tim persib, di latih ku didinya ge gening buktina persib melenoy.

  8. anye

    22/11/2017 at 14:58

    ulah diwawancara lah si bapa ieu mah. da persib rek alus rek goreng ge cingcay we no problemo manehna mah.

  9. Persigar

    22/11/2017 at 16:43

    KU ASA LIER NYA NEMPO NA KLUB ANU POHARA GEDE NA BINGUNG NEANGAN PELATIH….ARI NGAREKUT PEMAEN TEU JELAS GAMPANG….CING MIKIR ATUH MANAJEMEN TEH ….TONG NYOKOT PLATIH ASAL JEUNG JUAL MAHAL KU NAMA BESAR….REKUT PLATIH BERKUALITAS..LOBA DEK ASING DEK LOKAL OGE…KE PIPILIH WAE MENANG NU BUTUT DEUI…BANGUN GANCANG SIB…BISI KA TERUS AN MAUNG NA SARE……

  10. yusuf

    22/11/2017 at 17:49

    ABAH EMRAL …SEBENTAR LAGI BANDUNG SOREANG CUMA 15 MENIT LEWAT TOL….! YG JELAS PELATIH NANTI JANGAN ABAH LAGI …SIEUN SAMI NAMINA ABAH KEABUSAN WAE…..!!!

  11. Budak Persib

    22/11/2017 at 18:07

    Ah tong seueur huntu. Maneh we teu becus ngalatih. Ongkoh cenah instruktur. Persib butut pisan pas dilatih ku maneh.
    Manajemen saruana jiga keuyeup. Lelet pisan nyiapkeun pelatih. Tuh deuleu tim anu lain.
    Mung waos we kokoar tah si kumis teh.
    Pantesan mang Farhan mundur ti PBB baheula teh…

  12. "k"

    22/11/2017 at 18:49

    mun sarana alus mh bae kudu jd bhan evaluasi..da eweuh pelatih nu hayang timna eleh mh..ngan euy mni asa lila neang pelatih teh..nungguan regulasi cnah mh tv kn rek iraha maena ge pelatih mh kudu aya euy…justru mun t ayna pelatih bisa ancang ancang neang pemain…

  13. Ltf

    22/11/2017 at 20:30

    Huntu

  14. sebagaimana

    23/11/2017 at 09:19

    Pantesaaan kamari kitu maenna, nu dipikiran masalah non teknis, ai teknis strategi, komposisi pemain, subtitution tactic teu dipikirkeuun
    pantesaaaaan
    Jigana kamari teh nu nyieun butut gara-gara hayang sare di hoteeel jadi weh jamedud

  15. soni ardiansyah

    23/11/2017 at 12:10

    loba teori lah abah emral abus mah, praktena mah duka kumaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Passos Beberkan Alasan Rekrut Mario Londok ke Persib

Avatar photo

Published

on


Persib Bandung di deadline transfer window paruh musim membuat kejutan dengan mendaratkan Mario Londok. Pemain yang berposisi sebagai kiper tersebut diresmikan jadi penjaga gawang keenam musim ini. Keputusan klub dalam merekrut kiper lagi pun menuai pertanyaan.

Luizinho Passos sebagai pelatih kiper pun angkat bicara mengenai rekomendasinya mendatangkan amunisi baru. Dia menyebut kondisinya saat ini adalah I Made Wirawan sudah berumur dan kemungkinan tidak lama lagi akan gantung sepatu. Karena itu, dia menyiapkan regenerasi dengan merekrut Mario Londok.

“Karena saya memikirkan masa depan. Saya punya satu kiper, Made yang sekarang sudah berusia 41 tahun, dalam hidup ada awalan dan akan ada akhir, itu normal. Made tentunya merupakan kiper Persib Bandung tapi saya juga memikirkan masa depan, saya perlu satu kiper lagi untuk disiapkan,” ujarnya saat ditemui di Stadion Siliwangi, Rabu (8/2).

Rekomendasi untuk menampung Mario yang tidak terikat kontrak dengan Persipura datang dari rekan senegara Passos. Gerson Rios yang merupakan pelatih kiper tim Persipura di Liga 1 musim lalu memberikan masukan pada Passos terkait kemampuan kiper berusia 25 tahun itu.

“Saya mendatangkan Mario setelah berbicara dengan teman saya, Gerson yang merupakan pelatih kiper Persipura di Liga 1 musim lalu, saya bicara dengannya dan memberikan saya banyak informasi mengenai Mario,” ujar Passos.

“Tentu saja masih ada hal yang perlu diperbaiki, tetapi itu normal dan tiap kiper yang datang ke sini untuk saya tangani itu tentunya perlu dibenahi kemampuannya. Kami bersyukur kiper-kiper yang datang semua bisa berkembang dengan baik,” lanjutnya.

Mengenai progres latihan sang kiper baru selama beberapa sesi latihan, Passos menyebut masih dibutuhkan adaptasi. Karena ada perbedaan filosofi dan metode latihan antara pelatih kiper sebelumnya dengn dia. Namun Passos percaya kiper asal Sulawesi Utara itu punya kualitas.

“Tentu perlu waktu karena saya memiliki filosofi yang berbeda. Saya memiliki filosofi, dan pelatih kiper di Persipura juga punya filosofinya sendiri jadi tentunya butuh waktu untuk dia beradaptasi dengan metode latihan saya. Tapi dia punya kualitas dan saya percaya dia bisa terus berkembang dan menunjukkan kemajuan bersama para kiper yang lainnya,” tukasnya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Rekor Gol Semusim Mungkin Tersusul, Ini Reaksi SVD

Avatar photo

Published

on


Rekor gol terbanyak Persib dalam satu musim sejak Liga Indonesia pertama dipegang oleh Sutiono Lamso dan Sergio Van Dijk. Keduanya sama-sama mencetak 21 gol dalam satu musim. Jika Sutiono mampu menunjukkan kesuburannya di Ligina 1994/1995, Sergio Van Dijk unjuk produktivitas pada musim 2013.

Kini pencapaian kedua pemain ini terancam disusul oleh David da Silva. Bomber asal Brasil tersebut hingga pekan ke-22 sudah mencetak 16 gol dan kemungkinan jumlah gol akan bertambah. Masih ada 13 pertandingan yang dilakoni Maung Bandung di sisa musim 2022/2023.

Sergio pun bicara soal potensi rekornya tersusul pada tahun ini. Menurutnya memang DDS merupakan juru gedor yang komplit dan punya naluri gol tinggi. “Menurut saya David da Silva pemain hebat, lebih hebat dari saya. Dan kalau lihat skill dia dan kemampuannya untuk cetak gol sangat komplit sekali,” kata SVD ketika diwawancara di Stadion Siliwangi, Rabu (8/2).

Dia pun menyebut andai David bisa menyusulnya, justru Sergio ikut berbahagia. Karena dengan ketajaman sang mesin gol tentu akan memberikan dampak yang positif bagi klub. Bahkan pemain naturalisasi ini berharap David da Silva bisa menjadi pemain paling moncer di sejarah klub.

“Menurut saya itu tidak apa-apa dan saya senang Persib mempunyai pemain hebat dan mudah-mudahan dia bisa terus mencetak gol supaya menjadi top skorer sepanjang masa dari Persib,” terang striker yang dikenal dengan kaki kiri mematikan dan sundulan yang jitu ini.

Pria yang kini berkarir sebagai agen pemain itu pun menyebut kans Persib menjadi juara cukup besar. Sebab kualitas tim sudah mumpuni dengan memimpin klasemen sementara. Tim asuhan Luis Milla juga mampu memetik kemenangan menghadapi sesama tim papan atas seperti Persija.

“Ya menurut saya itu bisa, Persib musim ini kalau lihat musim ini persaingan di papan atas, Persib yang paling kuat. Kalau melihat lawan Persija cukup kuat tapi kita lebih kuat dan minggu depan lawan PSM, itu menurut saya pertandingan yang penting,” tukasnya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Sergio Van Dijk Kunjungi Agenda Latihan Persib

Avatar photo

Published

on

Mantan striker Persib, Sergio Van Dijk nampak hadir di sesi latihan Persib, Rabu (8/2) sore. Dia menonton tim yang pernah dibelanya di musim 2013 dan 2016-2017 itu ketika berlatih di Stadion Siliwangi. Ini menjadi ajang dia melepas rindu dengan beberapa pemain dan juga staf klub.

Beberapa pemain pernah bermain bersamanya seperti I Made Wirawan serta Achmad Jufriyanto. Selebihnya dokter tim, kit man dan masseur Persib yang pernah bersama-sama jadi bagian dari tim nampak langsung menghampirinya. Sergio mengatakan, memang ada agenda bisnis yang dirintisnya sehingga dia mengunjungi Indonesia.

“Sekarang saya ke Bandung karena saya mau ketemu sama keluarga dan teman-teman di Persib. Selain itu karena saya juga mau buka bisnis dengan Indonesia, itu antara Belanda dengan Indonesia dalam sektor IT,” tutur pria yang akrab disapa SVD ini saat diwawancara.

Ini juga menjadi kesempatan pertama dia memantau Ezra Walian berlatih di Persib. SVD memang merupakan agen yang menaungi Ezra dan berandil besar mengurus kepindahan sang pemain ke Persib awal tahun 2021 lalu. “Iya itu juga. Saya adalah agen dari Ezra dan ini baru pertama kali saya bisa datang ke Persib dan melihat tim dan Ezra juga,” lanjut dia.

Sudah tidak lagi berkostum Persib dan tinggal di Belanda ternyata tidak membuat Sergio melupakan mantan klubnya. Dia tetap mengikuti perkembangan klub dan kini sedang berada di puncak klasemen. Menurutnya atmosfer ruang ganti tim sedang bagus dan ini jadi modal untuk menjadi juara.

“Ya senang karena Persib sudah di puncak klasemen dan semoga di musim ini Persib menjadi juara. Kalau saya nonton di televisi, tim sekarang nampak lebih kondusif, pemain pasti percaya dengan visi dari coach Milla. Saya senang Persib sudah kembali ke puncak klasemen,” tutup Sergio.

Lanjut Membaca
Advertisement

Advertisement

Komentar Bobotoh

Arsip

Trending