Connect with us

Berita Persib

Ini Alasan Manu Ikuti Kursus Bahasa Indonesia

Published

on


Kursus bahasa Indonesia dilakukan staf pelatih Persib Bandung. Bukan hanya Luis Milla, Manuel Perez Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez juga melakukan itu. Mereka mendatangkan guru bahasa untuk memuluskan tugas sebagai pelatih dan makin mendongkrak performa tim.

Manu -sapaan akrab Manuel Cascallana- mengatakan bahwa penting baginya bisa memahami bahasa Indonesia. Karena sebagai asisten pelatih, dia akan banyak berinteraksi dengan para pemain. Sedangkan mayoritas pemain di skuat Persib tidak bisa berbicara dengan bahasa Inggris.

“Karena saya sekarang tinggal di Indonesia, saya perlu memahami bahasa dari para pemain. Karena kebanyakan dari pemain kami tidak berbicara dengan bahasa Inggris. Jadi saya ingin berkomunikasi dengan mereka dan karena itu, maka saya belajar bahasa (Indonesia),” kata Manu ketika diwawancara.

Sebagai sosok yang sudah melanglangbuana ke beberapa negara, dia mengaku bisa menguasai beberapa bahasa. Manu tentu sudah fasih berbicara bahasa Inggris dan Spanyol. Dia juga bisa berbahasa Turki dan Cina karena mengaku sempat bekerja sama dengan orang dari negara tersebut.

“Saya tentunya bisa berbicara bahasa Inggris dan juga Spanyol. Tapi saya juga bisa sedikit berbicara bahasa Turki dan Cina karena saya pernah bekerja dengan orang-orang dari negara tersebut,” ujar pria berusia 33 tahun tersebut.

Sebelum gabung Persib, dia juga menjadi pelatih dari ATK Mohun Bagan di India. Namun Manu mengatakan tidak fasih berbahasa India karena klub yang dibelanya merupakan tim dari Kolkata. Yang mana bahasanya berbeda dan cenderung menggunakan bahasa Bengali.

“Kalau India itu sedikit berbeda karena di Kolkata itu mereka bicara bahasa Bengali, bukan India. Jadi memang ada beberapa kata yang saya pahami tapi saya tidak terlalu lancar. Tetapi saya suka bahasa Indonesia karena tidak sulit untuk dipelajari dan saya mencoba mempelajarinya,” tuturnya.

Manu pun menyebut bahwa bahasa Cina merupakan yang paling sulit untuk dipelajari. Sedangkan sejauh ini dia belajar bahasa Indonesia, proses pemahamannya cenderung mulus. “Tentunya bahasa Cina (yang paling sulit). Kalau bahasa (Indonesia) menurut saya terbilang cukup mirip dengan bahasa Spanyol,” tukasnya.

Advertisement
1 Komentar

1 Comment

  1. Boeitenzorg_14 bgr

    21/10/2022 at 13:52

    Semoga cocok dgn iklim dan budaya Indonesia,bs bawa prestasi Persib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Sponsor Baru, Persib Jalin Kerjasama Jangka Panjang dengan Aladin

Avatar photo

Published

on


Persib Bandung resmi menambah sponsor partner menjelang bergulirnya lanjutan Kompetisi Liga 1 2022-2023 pekan ke-12. Adalah PT Bank Aladin Syariah Tbk (Aladin) meresmikan kerjasamanya dengan Persib pada Senin (5/12/2022). Kerja sama Aladin dan Persib akan berlangsung selama lima tahun. Logo Aladin nantinya akan terpampang pada bagian depan jersey pertandingan Liga 1 2022/2023 ini.

Dyota Marsudi selaku Presiden Direktur Aladin mengungkapkan, dukungan Aladin untuk Persib adalah sebagai kesempatan memberikan solusi keuangan syariah terbaik bagi Bobotoh Persib. Apalagi Persib akan melanjutkan perjuangan di kompetisi, berharap bisa membantu Maung Bandung meraih prestasi terbaik.

“Aladin bangga menjadi salah satu mitra Persib dan kami memberikan dukungan penuh kepada Persib di kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 ini. Keputusan Aladin menjadi salah satu mitra sponsor Persib tentunya membawa harapan agar klub bisa meraih prestasi terbaik dan Aladin dapat hadir memberikan solusi keuangan syariah terbaik bagi bobotoh Persib,” tutur papar Dyota.

Melalui kerja sama ini, Persib dan Bobotoh dapat memanfaatkan berbagai produk dan layanan perbankan digital syariah dari Aladin guna memberikan kemudahan layanan keuangan kepada seluruh fans Persib yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono menghaturkan ucapan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan Aladin berpartner dengan Persib. Ia ingin kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi Persib, Aladin juga Bobotoh Persib.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungannya. Ini sebuah kepercayaan yang sangat besar dan kami akan menjaga kerja sama ini sebaik mungkin,” ucap Teddy.

“Semoga kerjasama ini dapat berjalan baik dan memberikan manfaat bagi para pihak, termasuk bagi Bobotoh yang tentunya memiliki berbagai kebutuhan layanan keuangan di era digital yang semakin terkoneksi ini. Bagi Persib, kerjasama ini pun sejalan dengan inisiatif-inisiatif yang ingin dijalankan untuk menghadirkan berbagai pengalaman menarik bagi Bobotoh” ujar Teddy.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Ferdiansyah Berusaha Optimal di Latihan Persib

Avatar photo

Published

on


Ferdiansyah gelandang muda Persib Bandung berusaha optimal di latihan bersama tim arahan Luis Milla. Ia mengetahui dirinya dibutuhkan di tim mengingat Persib tengah kehilangan tiga pemain inti yakni Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya ke Timnas senior.

Ferdi berusaha untuk beradaptasi dengan pola pelatihan Milla dan berharap performanya dibutuhkan. Bekal kondisi fisik yang prima setelah mengikuti training center (TC) bersama Timnas U-19 Indonesia di Eropa membantu Ferdi beradaptasi.

“Bedanya kalau di sana (Shin Tae-yong) mainnya lebih ke fisik sama kecepatan, temponya tinggi. Kalau di sini (di Persib) temponya enggak terlalu tinggi, tapi banyak sentuhan mainnya kaki ke kaki,” papar Ferdiansyah.

Ferdiansyah bisa memaksimalkan waktu tersisa untuk fokus menatap pertandingan lanjutan Liga 1 2022-2023. Apalagi kompetisi telah diumumkan berlanjut pada 5 Desember.

Pemain kelahiran 15 Juli. 2003 ini akan coba percaya diri menunjukkan performa terbaik di latihan. “Saya percaya ke diri sendiri saja. Terus melihat sekarang pelatihnya (Luis Milla) ada harapan lah (dapat kesempatan),” tanggap Ferdi.

Lanjut Membaca

Berita Persib

TC Bersama Timnas U-20, Bantu Perkuat Mentalitas Ferdiansyah

Avatar photo

Published

on


Selain Kakang Rudianto dan Robi Darwis, Ferdiansyah juga petik pelajaran berharga selama menjalani training center (TC) bersam Timnas U-20 Indonesia arahan Shin Te-yong (STY) di Eropa. Berada di Turki dan Spanyol, Indonesia menjajal kekuatan beberapa negara, Turki, Moldova, hinga Prancis.

Serangkaian uji coba dirasakan Ferdiansyah dapat memberikan ujian untuknya dan rekan-rekan satu tim. Mentalitas bertanding dibentuk pelatih STY agar anak-anak asuhnya tak kenal takut menghadapi siapapun lawannya.

“Sebenarnya banyak sih tapi lebih ke mental, berlatih dan bertanding itu yang paling ditingkatkan sama pelatih Shin. Sebab kalau mental jelek tuh main kita juga pasti enggak pede enggak keluar kemampuannya,” papar Ferdiansyah.

Kini Ferdiansyah kembali ke skuat Persib arahan Luis Milla. Meski hanya mendapat jatah libur beberapa hari ia mengaku siap dengan apapun menu latihan dari Milla. Ferdi, Kakang, dan Robi diinstruksikan mengikuti pelatihan lebih cepat lantaran Kompetisi Liga 1 2022-2023 akan bergulir 5 Desember.

“Sebenarnya sih kemarin tuh asalnya dapat libur sampai Senin, tapi tiba-tiba disuruh gabung karena kabarnya kompetisi akan dimulai. Tapi tetap saja latihan dari pada lama hilang sentuhan,” ungkap Ferdi.

Kehadiran tiga penggawa Timnas U-20 dapat menambah kekuatan Persib Bandung. Mengingat tiga pemain inti Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto dipanggil timnas senior persiapan Piala AFF 2022.

Lanjut Membaca

Trending