Connect with us

Berita Persib

Harapan Umuh, Gerak Cepatnya Persib Dalam Perekrutan

Published

on

Foto: Dok. Persib Bandung


Persib begitu aktif dalam aktivitas perekrutan. Pemain keluar sudah 12 pemain, dan tujuh pemain baru yang sudah masuk. Perombakan tim bisa dibilang hampir mencapai setengahnya, meski mayoritas mereka adalah pemain-pemain yang jarang mendapatkan menit bermain.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar memandang langkah ini adalah gerak cepat yang dilakukan demi membentuk tim lebih kuat musim depan. Beberapa pemain yang didatangkan tidak main-main, level Timnas seperti Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, teruji kualitasnya musim lalu.

Umuh berharap para pemain baru bisa cepat adaptasi dan segera mendapatkan chemistry di persiapan pramusim. Latihan perdana Persib akan dilakukan Senin (16/5/2022) mendatang selepas Hari Raya Idul Fitri.

“Ini dengan yang baru mudah-mudahan mereka cair dengan Persib, semua juga serius. Terus terang saja Persib tidak perlu cari juga pada datang sendiri sebetulnya. Orang mau pada masuk ke Persib,” ungkap Umuh.

Rekrutan teranyarnya Eriyanto juga adalah sinyal bahwa Persib berusaha membawa pulang talenta-talenta lokal yang sudah mendapat kepercayaan di tim lain. Eriyanto adalah wing back asal Sukabumi. Sebelumnya Persib mendapatkan tanda tangan pemuda asal Sumedang Arsan Makarim dan penjaga gawang dari Garut Fitrul Dwi Rustapa.

“Alhamdulillah sudah ada tambahan lagi pemain ada Eriyanto, dia juga kan dari Jawa Barat, Sukabumi. Kemarin main di Aceh (Persiraja), Insya Allah itu positif, bisa bergabung dengan kita,” lanjut Umuh.

Hengkangnya 12 pemain termasuk Supardi dan Ardi Idrus juga dianggap wajar oleh Umuh. Dinamika sepakbola akan ada pemain yang datang dan pergi, namun nama besar Persib tidak akan tergantikan, justru pemain-pemain yang menetap harus mampu menjaga harkat martabat Persib di panggung sepakbola Indonesia atau bahkan di Asia.

“Tidak masalah, itu wajar, semua pun juga itu lumrah, semua klub pasti tidak ada yang utuh, setiap tahun tidak akan utuh. Pengurus pun tidak akan utuh, karena orang saling berganti, ada masanya, ada umur, Persib yang tidak berganti, Persib yang utuh dan harus tetap berjaya,” bebernya.

Advertisement
17 Comments

17 Comments

  1. Pengamat Persib

    27/04/2022 at 18:43

    Kalau begitu kenapa ga depak seklain aja Dedi Kusnandar, I Made, Jupe dan Igbonefo ? Kan mereka sudah berumur, butuh regenerasi supaya bisa memberikan pemain muda untuk unjuk gigi di kasta tertinggi liga 1 Indonesia. mohon untuk di baca oleh pihak manajemen untuk berfikir kembali dalam merekrut Jupe dan igbonefo yg sudah hampir di bilang habis penampilannya.

    • Danz herdianz

      28/04/2022 at 03:04

      Nunggu slot asing asia yeuh… nu rada hadem.. ken bae si omid nazari deui ge lah

    • kurupuk

      28/04/2022 at 03:17

      sia deui, sia deui,, nyinyir deui, nyinyir deui.. weuh gawe lain sateh??

    • Koboi Berlisensi

      28/04/2022 at 12:46

      DDS jeung ciro oge kitu nya? kan maranehna leuwih kolot tibatan dado, jadi sina nu maen pamaen diklat kitu lin, kaleum weh atuh lainna dado jeung jupe liga nu nggeus ukur jadi cadangan kan lain inti, komo deui nu anyar asup ge potensi bisa ngageser posisi maranehna tinu cadangan, enggeus weh enjoy wae ngabandungan next transfer

    • Idham

      29/04/2022 at 10:45

      Lamun kabeh pemain muda mah atuh moal bakal moal bisa ngejar target. Tingali Barca musim ieu, loba pemain muda. Kadang main alus, kadang main goreng. teu konsisten siga sifatna pemain muda. kudu aya nu dampingi seniorna. ari hayang pemain mudakabeh mah gampang, diklat persib ge aya.

  2. Mamang Djaja Mihardja

    27/04/2022 at 19:29

    enya bener dekus+jupe geus teu kuat di persib, skill na geus rontok, katingali loba narikan baju batur nu berujung palanggaran teu perlu, made masih lumayan rancingeus ngan awakna geus beurat teu bisa nandingan tarikna arus ball, igbonepo mah jigana masih ayaan keneh, skill jeung tanagana ngan rontok saeutik…

  3. BlueDemon

    27/04/2022 at 19:31

    Terus saha nu jadi conto & panutan mun di tim euweuh pisan pemain senior ???

  4. Bangbung jaguar

    27/04/2022 at 23:06

    S7 komen blueDemon

  5. Pengamat Persib

    28/04/2022 at 07:10

    Apanan maraney teh KA hayang mah meunang wae pan? Nya Ari hayang nu kolot mah sok we maenna kitu keneh wae mentok Jeung ngos ngos nafas

    • alona mamang

      29/04/2022 at 10:57

      kudu saimbang atuh,… mun nu kolot di piceun kabeh mah atuh jadi persib diklat,…
      ke ge bertahap nu kolot mah pasti ngarasa mun geus teu kuat bersaing, siga mang Pardi,… di lapanganan ngusi bangku cadangan di luar lapangan nularkeun visi misi persib,… enjoy the game

  6. Om

    28/04/2022 at 10:42

    Angger lur,. Pengalaman penting ker ditularkan ka budak ngora..ari kabeh ngoramah saha nu ngabimbing atuh..

    • Sule

      06/05/2022 at 08:07

      Bener kitu, pengamat. Ganti kunu ngarora, anu gede tanagana. Tapi ke mun elehan ulah dihujatna Jeung digogireng 😅😂

  7. bobotoh

    28/04/2022 at 11:54

    mun unjuk gigi mah gampang, tinggal nyengir wae…wkkakakaka

  8. Ladhu

    28/04/2022 at 20:20

    Cepat pastikan pemain asing Asia yg lebih baik dari yg dulu

  9. Mang Dudung

    30/04/2022 at 10:07

    Anak kucing banyak omong.. Minum prestasi!!

    • Kosim

      30/04/2022 at 15:18

      Urus heula eta nu sataun can digaji nyet

    • Kosim

      01/05/2022 at 03:02

      Kucing oren, tukang ngutang gaji pemain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Meski Kondisi Bugar, Henhen Merasa Cukup Kewalahan

Avatar photo

Published

on


Kondisi fisik pemain Persib Bandung terjaga dengan serangkaian program pelatih Luis Milla selama Kompetisi Liga 1 2022-2023 terhenti. Wing back Persib Bandung Henhen Herdiana mengakui kebugarannya cukup prima untuk melahap semua menu latihan dari pelatih.

Kendati begitu Henhen merasa punya tekanan berbeda ketika menjalani sebuah pertandingan. Kondisi tersebut yang belum teruji sepenuhnya. Meski kondisi Henhen saat ini bugar terkadang ia bisa keteteran jika dihadapkan pada pertandingan apalagi dengan tingkat intensitas tinggi.

“Kalau kondisi fisik mungkin bisa terjaga. Tapi enggak tahu kalau buat nanti dipakai bermain karena kan berbeda, ada tekanan mental, harus adaptasi lagi. Mudah-mudahan tidak menjadi alasan,” ungkap Henhen.

Henhen tak menyangkal jika laga uji coba melawan Persikabo 1973 pada Minggu (27/11/2022) kemarin cukup membuatnya ngos-ngosan. Henhen masuk pada menit ke-60’ pada laga tersebut menggantikan Frets Butuan. Dari sana ia mengambil pelajaran, masih perlu adaptasi lagi menyesuaikan diri dengan atmosfer pertandingan.

“Kemarin rasanya berat, Henhen merasanya berat, kaya harus beradaptasi lagi. Mudah-mudahan liga bisa cepat bergulir lagi,” terang pemain yang mengenakan nomor punggung 12 ini.

Itulah bergunanya pertandingan uji coba, ia bisa mengetahui apa kekurangan diri sendiri dan secara tim. “Dengan adanya game internal sama uji coba pastinya sangat-sangat membantu bagaimana progres kita ketika berlatih, bagaimana progres tim dalam membangun kekompakan,” papar Henhen.

Ia berharap Liga 1 2022-2023 yang baru berjalan 11 pekan bisa berlanjut dengan apapun sistemnya. Sudah terlalu lama kompetisi terhenti Henhen harap bisa bergulir secepatnya. “Harapannya yang terbaik dan para penanggung jawab mudah-mudahan ada titik temu. Idealnya ya secepat mungkin,” sebut Henhen.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Pandangan Komisaris Persib Soal Liga 1 Dilanjutkan dengan Sistem Bubble

Avatar photo

Published

on


Sudah dua bulan Kompetisi Liga 1 2022-2023 terhenti sejak 2 Oktober lalu akibat dampak insiden Kanjuruhan. Angin segar kelanjutan liga muncul akan kembali kick-off 2 Desember, namun kemungkinan urung setelah rapat koordinasi antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Polri beberapa waktu lalu tak menemukan kata sepakat.

Komisaris Persib Umuh Muchtar sudah memprediksi lanjutan Liga 1 2022-2023 akan sulit terlaksana selama Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI belum digelar. KLB sendiri baru bisa akan dilaksanakan pada Februari 2023 sesuai arahan dari FIFA.

“Apa kata saya benar saya sudah pernah ngomong tidak akan, karena belum jelas walau sudah dijadwalkan saya sudah ngomong belum kondusif. Makanya sekarang lebih baik KLB dulu setelah KLB baru dibentuk lagi yang jelas,” tanggap Umuh.

PSSI dan PT LIB merancang pertandingan lanjutan Liga 1 2022-2023 dilaksanakan dengan sistem bubble terpusat di Jawa Tengah tanpa penonton. Ada empat stadion ditunjuk, yakni Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Jatidiri Semarang, Stadion Moch Soebroto Magelang, dan Stadion Sultan Agung Bantul. Umuh punya pandangan tersendiri akan rencana tersebut.

“Sekarang katanya tanpa penonton terpusat di satu tempat (bubble) sudah tidak bagus lebih baik selesaikan dulu jangan terburu-buru. Memang jadinya terlalu lama. Terlalu lama tapi kalau dipaksakan juga seperti ini,” opini Umuh.

Situasi penghentian liga diakui tak hanya merugikan Persib namun juga berdampak kepada seluruh klub. Ia berharap pihak berwenang tegas segera menyelesaikan kasus insiden Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa meninggal karena gas air mata yang dilontarkan aparat kepolisian.

“Semua rugi bukan hanya Persib semua terpukul dengan kejadian seperti ini. Sudah terlalu lama (kasus berlarut-larut),” sebut Umuh.

Lanjut Membaca

Berita Persib

TC Bareng Timnas di Luar Negeri, Robi Petik Pelajaran

Avatar photo

Published

on


Agenda pemusatan latihan dilakukan Robi Darwis bersama timnas U-20 selama sekitar dua bulan. Dua negara yaitu Turki dan Spanyol didatangi oleh gelandang Persib ini bersama Garuda Muda. Kegiatan ini berakhir pada akhir pekan lalu dan sang pemain kini sudah tiba di Indonesia.

Beragam agenda uji coba dilakoni Indonesia U-20 selama agenda pemusatan latihan ini. Hasil yang didapat skuat asuhan Shin Tae-yong juga beragam terutama saat menetap di Turki. Sedangkan ketika berada di Spanyol, hasil yang didapat kurang baik karena mencatatkan tiga kekalahan serta satu hasil imbang.

Robi Darwis pun mengatakan bahwa banyak pelajaran yang didapatkan dari pemusatan latihan kali ini. Terutama saat harus bertanding menghadapi lawan-lawan dengan kualitas dan postur tubuh yang lebih unggul. Meski kalah, tapi setidaknya ada hal positif yang bisa didapatnya.

“Tentunya pengalaman sangat berharga banget, karena kita ketemu lawan yang jauh levelnya dari kita. Tentunya kita mendapat pelajaran yang sangat berharga,” kata pemain jebolan Diklat Persib ini saat diwawancara oleh wartawan usai latihan di Stadion Sidolig, Kamis (1/12).

“Baik itu dari cara bermain, menghadapi situasi lawan-lawan yang lebih tinggi dari kita gimana. Sama mungkin pengalaman mereka memang lebih baik sih dan kita bisa mengambil pelajaran dari mereka,” lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini.

Agenda pemusatan latihan timnas U-20 sendiri dilakukan sebagai persiapan jelang Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-20 yang digelar tahun 2023. Namun ditanya soal agenda TC berikutnya, dia belum mendapat kabar kapan dikumpulkan lagi. “Untuk TC timnas berikutnya belum tahu,” tandas Robi.

Lanjut Membaca

Trending