Connect with us

Berita Persib

Gomez Ajak Suporter Untuk Hentikan Kekerasan

Published

on

Perselisihan antar suporter di Indonesia dianggap Mario Gomez sudah kelewat batas. Karena dari pengalamannya berada di laga klasik di beberapa negara, tidak ada sikap destruktif suporter bahkan sampai menghilangkan nyawa. Hal itu yang membuat Gomez kecewa dengan insiden yang terjadi di Stadion GBLA kemarin.

“Argentina juga keras untuk pertandingan derby tapi pentonton bisa duduk bersama untuk menonton dan tidak ada apa-apa,” ujar Gomez ketika diwawancara di SPOrT Jabar Arcamanik, Senin (24/9).

“Ini bukan hal yang bagus baik disini ataupun sebelumnya seperti yang kita alami di Jakarta, itu bukan hal yang bagus. Saya pikir itu tidak akan pengaruh ke kompetisi, karena itu terjadi di luar dan sudah ada polisi dan itu kriminal,” jelasnya.

Dia pun berharap kejadian ini menjadi pemantik semua suporter terutama pendukung Persib dan Persija sadar. Bahwa sudah jadi saatnya mereka berdamai dan menyingkirkan rasa saling dendam. Sehingga nantinya menjadi hal yang wajar ketika suporter Persib bisa saksikan timnya berlaga di Jakarta atau sebaliknya.

“Saya harap di masa depan kita bisa bertanding sambil ditonton fans Persija dan fans Arema. Dan kita juga bisa pergi menonton Persib di jakarta, di Malang, di semua tempat. Kenapa engga? Ini sepakbola, bukan perang,” ujarnya.

“Memang disini (lapangan) ada adu mulut tapi tidak mengganggu. Contohnya di Barcelona melawan Real Madrid ya, tetapi fansnya tidak bertengkar di stadion. Itu bedanya dan itu bisa menjadi contoh untuk Indonesia,” tambahnya.

Kini penting bagi klub, stakeholder hingga pentolan suporter untuk mengedukasi fans di akar rumput. Bahwa sepakbola bukan ajang untuk berperang atau ajang unjuk kekuatan. Tapi tempat mereka memberikan dukungan secara sportif dan kreatif kepada klub kebanggaannya.

“Ini soal edukasi. Semuanya harus menekankan bahwa tidak ada kekerasan di luar lapangan karena ini adalah sepakbola bukan pertarungan. Pertarungan itu di dalam lapangan menggunakan bola bukan dari tribun,” tandasnya.

Advertisement
60 Comments

60 Comments

  1. Ujang Badig

    25/09/2018 at 14:07

    Cing nu nenggeulana rek dijitak make martil ku aing

    • Urang lebak

      25/09/2018 at 14:21

      Tah ujaran ujaran nu kieu cik rada di ganti lah, teu ngeunaheun

  2. Akal Sehat

    25/09/2018 at 14:12

    Kewajaran negativitas selayaknya berlandaskan rasio absolut yang ditaburi toping humanisme agung. Dan jangan sampai mantra-mantra edukasi hanya jadi bahan sosialisasi yg tak memiliki substansi. Sudahi tarik ulur pesta ketidakwarasan individu, mari arungi samudera profesionalisme berkewarganegaraan dengan perahu persahabatan.

    • Urang lebak

      25/09/2018 at 14:19

      Dimana aya profesionalisme di na ber-kewarganegaraan. Bodorrrrr profesionalisme mah dina profesi atuh kasep

      Baca deui kamus istilah ilmiah ulah madu padankeun kata mun tujuan na ngan saukur pupujieun, jalmi nu pinter nyaeta jalmi nu omongana gampang di mengerti, heu

      • Agus

        25/09/2018 at 16:30

        👍

      • Ototphantad

        25/09/2018 at 22:44

        Tong di bales si AKAL SEHAT mah hayang ngalucu make istilah2, di sambung, padahal teu lucu, kabiasaan.. Antep we

      • Akal Sehat

        25/09/2018 at 23:58

        Makanya sebelum beli tiket beli otak dulu

        • Urang lebak

          26/09/2018 at 05:45

          Bales dong secara ilmiah kasep, heuheu

      • Bonjovi soreang

        26/09/2018 at 16:44

        Salah kamus neurwun kang…kamus nu dipake kamus vicky prasetio

  3. Bobotoh Keuheul

    25/09/2018 at 15:01

    Persib teh keur aya di jalur juara. Gara2 kalakuan silaing, si bobotoh nurustunjung, sanksi menanti. Mun gara2 sanksi ieu Persib teu jadi juara, berarti silaing sebab musababna. Teu rido aing mah. Mending ge sarerea usul ka Kang Emil meh KTP Jabarna dicabut. Asa era boga warga jabar nu kuduna someah, boga kalakuan kitu patut mah. Anggap we sarua jeung teroris, rek dikuburkeun ge pan ditolak di kampung halamanna. Satuju lur?

  4. TV Bosball

    25/09/2018 at 16:08

    Harus Lihat kedepannya

  5. Mang Adjat

    25/09/2018 at 16:48

    Mangga ayeuna aya kenceng “Simpati Untuk Hirangga Sirila”
    Tiasa didugikeun ka Perwakilan Bobotoh Jabotabek. Kanggo transfer ka

    Andri Budhi W
    BCA cabang Jatinegara Barat
    Nomor rek 760000 3326

    Insya Allah amanah

  6. cupZ

    25/09/2018 at 17:33

    jempol pisan abah gomes,, hayu lur kita tumbuh bersama dewasa bersama. cukup sudah pelajaran dari banyak nyawa yg harus jd korban. stop sampai disini dan mari kita menjadi dewasa… seperti di tempat2 yg bah gomez sebutkan diatas,, hayu nikmati persaingan panas di lapangan, tanpa ada adu fisik diluar. bukankah indah kita bisa merayakan kemenangan kemarin, seandainya tak ada yg meregang nyawa

    • Urang lebak

      25/09/2018 at 17:35

      Satuju

  7. Bapana Si Modol Beton

    25/09/2018 at 18:22

    hukum harus di tegakan ini bukan negara barbar…
    saya cinta Persib,saya dukung Persib,saya juga bobotoh..
    jangan hanya menyalahkan oknum bobotoh,,itu yang di tkp ratusan orang kenapa hanya diam
    Jangan hanya retorika,hukum persib tanpa penonton 1 tahun kompetisi..
    cambukan untuk Persib+Bobotoh
    ingat…kalo PSSI tetap seperti ini di masa dtang kejadian akan terus terjadi…
    Suporter Tewas Berulang karena PSSI Tak Pernah Beri Hukuman Berat

    • Urang lebak

      25/09/2018 at 18:35

      Bener

  8. Kustiawan sinaga

    25/09/2018 at 21:53

    Satuju …urang resep.respek ka persib meski lain member ..cik atuh kalakuan di jaga da bootoh lain reman..sepak bola lain adu gladiator..
    Sing malikir gara2 kalakuan sebagian oknum..imbas ka kabeha bobotoh.tim persib rugi sagala2na

  9. TV Bosball. Com

    25/09/2018 at 22:27

    Bagus wa Gomes

  10. Mang olih

    25/09/2018 at 22:31

    Ku uing mah di tutungguan ti minggu ka minggu teh,eh ayena rek dibekuken sementara hadeh,,,uing mah rumasa ku persib teh kahibur,,komo ayena uing mah linggihna dijogja jd ditungguan psn persib maen teh…

  11. bobotoh sajati

    26/09/2018 at 08:51

    mangga tah opi, Liga dihentikan jeung bisa jadi Persib didiskualifikasi kumaha tah oknum bobotoh belegug makaning Persig ka 1! https://bola.kompas.com/read/2018/09/25/19493258/pssi-hentikan-liga-1-hingga-batas-waktu-yang-tak-ditentukan

  12. ibonk

    30/09/2018 at 16:08

    sok tah bere sanksi nu tegas ka supoter nu teu bener, mulai sanksi hukum pidana jeung hukuman teu menang nonton k stadion. ti mulai provokator nepi ka nu ngalakukeun tindakan ngaruksak jeung nyiksa k batur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Kewaspadaan PSS Sleman Kepada Skuad Luis Milla

Avatar photo

Published

on


PSS Sleman berpikir realistis menghadapi Persib Bandung dalam pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2022/2023. Laskar Sembada hanya membidik hasil imbang melawan Maung Bandung di hadapan Bobotoh, Minggu (5/2/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Guna menahan imbang Persib di kandangnya, perlu untuk PSS menghentikan dua mesin gol Persib yang sedang onfire, David da Silva dan Ciro Alves. DDS sudah mencetak 16 gol saat ini menjadi top skor sementara Liga 1, sementara Ciro sudah mencetak tujuh gol.

Namun Seto Nurdiantoro pelatih PSS berpikir, tak hanya dua pemain itu yang berbahaya, semua lini di Persib dihuni oleh pemain-pemain berkualitas. Beckham Putra, Ezra Walian, Ricky Kambuaya, Febri Hariyadi bisa mengancam dark sektor second line.

“Sebenarnya bukan hanya lini depannya saja dari Persib, saya pikir dari semuanya lini belakang, lini tengah, maupun lini depan kinerjanya sangat luar biasa, intinya saling support. Di situ punya striker, sayap-sayap yang luar biasa,” sebut Seto.

Guna mengantisipasi itu semua, Seto akan menginstruksikan pemainnya untuk disiplin dan penuh konsentrasi selama 90 menit. Setiap lini punya tanggung jawab satu sama lain untuk menghentikan setiap pergerakan bahaya dari para pemain Persib.

“Intinya konsentrasi jangan lengah karena saya pikir pergerakan-pergerakan semua lini di Persib dinamis sekali. Saya pikir bukan hanya lini depan karena ini permainan tim, kami harus lebih fokus dari memulai penyerangan, jadi untuk antisipasinya fokus kami di setiap pemain, di setiap lini mempunyai tanggung jawab, keinginan untuk bola tidak sampai mengalir ke depan,” paparnya.

“Harapannya seperti itu, memang Persib punya kualitas cara bermain yang jauh di atas kami, dari sisi pemain yang merata, kedalaman tim yang bagus, dengan pelatih yang mumpuni. Ini sangat terbalik dengan kami, tapi kami mempunyai impian bahwa setiap pertandingan punya peluang yang sama,” imbuh Seto.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Imbauan Umuh Muchtar untuk Bobotoh Setelah Dapat Izin di GBLA

Avatar photo

Published

on


Persib Bandung akhirnya menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Laga digelar Minggu (5/2/2023) sore dengan kehadiran Bobotoh, kick off akan dilaksanakan pukul 15.00 WIB. Hal itu dipastikan setelah manajemen Persib mendapat lampu hijau memakai lagi GBLA Sabtu (4/2/2023).

Panpel Persib menyediakan 20 ribu tiket untuk dijual dengan mekanisme online, tiket pun diketahui sudah full booked. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar mengimbau Bobotoh turut menjaga kondusifitas selama jalannya pertandingan.

Panpel Persib sudah berusaha sejauh ini demi mendapatkan restu memakai GBLA dengan kehadiran penonton. Jangan sampai aksi segelintir orang mencoreng nama baik klub dan Bobotoh.

“Ya saya mengimbau kepada Bobotoh, kita sudah dapat izin bisa ditonton, dan mohon maaf kalau yang tidak punya tiket, jangan memaksakan datang ke GBLA, karena pengamanan berlapis, ring 3, ring 2, ring 1, ring 3 saja sudah terdeteksi tidak boleh masuk ke ring 2 apalagi masuk ring 1,” imbau Umuh.

“Kepada bobotoh yang tidak dapat tiket jangan memaksakan datang karena capek, jauh jauh datang tapi tidak bisa nonton, nonton di rumah masing-masing saja, bisa sama sama nonton bareng. Saya yakin Bobotoh selalu mendukung dan Bobotoh sudah dewasa,” paparnya.

Sebelumnya Persib harus berhenti memakai GBLA karena stadion tersebut akan dipersiapkan untuk digunakan sebagai venue alternatif pertandingan Piala Dunia U-20 2023 Mei mendatang. Stadion di Bekasi dan Bogor tak begitu bersahabat terkait izin.

Persib sempat akan memakai Stadion Siliwangi Bandung dengan rumput sintetis. Meski stadion tersebut dinyatakan lolos assessment, namun GBLA menjadi prioritas dan kabar baik pun datang H-1 jelang laga.

“Saya bersyukur karena dapat perizinan dari PUPR juga Menpora yang berperan untuk memberikan izin untuk Persib bisa main di GBLA, mudah-mudahan kedepannya juga seterusnya di laga putaran kedua ini bisa di GBLA, kita doakan semuanya,” harap Umuh.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Motivasi David da Silva Pelihara Tren Kemenangan

Avatar photo

Published

on


Tiga poin dibidik David da Silva ketika Persib menjamu PSS Sleman. Menurutnya kemenangan harus terus didapat oleh tim Maung Bandung untuk tetap berada jalur juara. Sebagai tumpuan di barisan depan, striker asal Brasil tersebut bertekad tampil dengan segenap kemampuannya.

“Seperti yang tadi pelatih sampaikan, ini menjadi laga yang sangat penting untuk terus melaju di jalur juara. Saya harap bisa menampilkan yang terbaik untuk membantu tim ini untuk meraih tiga poin dan memenangkan laga,” ujar David dalam jumpa pers jelang laga, Sabtu (3/2).

Kondisi tim yang sedang on fire, karena tidak menelan kekalahan di 13 laga terakhir. Kepercayaan diri pemain kian terangkat dan semua pemain pun disiplin mendengar perintah pelatih. Menurutnya itu menjadi modal menjaga tren positif dan mengudeta lagi pucuk klasemen.

“Sekarang situasinya sedang sangat bagus, semua pemain selaku berusaha membuat pelatih senang ketika latihan, mereka selalu fokus dan berusaha menangkap instruksi apa yang pelatih inginkan untuk terus menjaga performa tim ini,” ujarnya.

Dia juga bersyukur karena Persib bisa kembali tampil di Stadion GBLA dan dihadiri penonton untuk pertandingan besok. Dengan bermain di kandang sendiri dan didukung penuh oleh Bobotoh, motivasi pemain tentunya terangkat. Maka dari itu, kemenangan tentu tidak boleh lepas dari cengkraman Maung Bandung.

“Kami ingin membuat senang Bobotoh dengan menampilkan segenap kemampuan terbaik untuk seluruh suporter kami. Kami juga tentu saja merasa senang karena Bobotoh bisa kembali datang untuk membantu kami memberikan dukungan,” tutup pemain berusia 33 tahun ini.

Lanjut Membaca
Advertisement

Advertisement

Komentar Bobotoh

Arsip

Trending