Connect with us

Berita Persib

FU: Kecerdasan dan Improvisasi Pemain Dibutuhkan Persib di Final Leg Dua

Published

on


Persija berada di atas angin, Persib dalam situasi tertekan di leg kedua Piala Menpora 2021. Kekalahan 2-0 di leg pertama adalah kesalahan besar, Persib harus mengejar ketinggalan itu, menang defisit tiga gol di final leg kedua Minggu (25/4/2021) di Stadion Manahan Solo andai mereka ingin merengkuh gelar.

Firman Utina sebagai orang yang pernah bermain di dua klub tersebut melihat realitanya. Pressure tinggi berada di kubu Persib, tidak gampang mengambil tiga gol dari Persija melihat pertahan tim oranye yang kokoh meski hanya dengan duet pemain senior lokal Maman Abdurahman dan Tony Sucipto.

Pertahan Macan Kemayoran berlapis-lapis, Persib harus terlebih dulu mendobrak duet gelandang Marc Klok dan Rohit Chand yang diprediksi akan cenderung akan menjaga kedalaman mengamankan kemenangan yang sudah diraih sebelumnya. Jika Persib bermain seperti di leg pertama sulit untuk mendapatkan gol.

Meski sulit bagi Persib, namun bagi Firman sepakbola tidak bisa ditebak. Masih mungkin Persib mengejar membalikkan keadaan, jika situasinya Macan Kemayoran melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa dimanfaatkan Maung Bandung menjadi gol. Artinya Wander Luiz cs. harus mencari gol cepat memaksimalkan sekecil peluang yang dimiliki.

“Leg kedua bakalan seru, tingkat preassure-nya paling ada di Persib karena harus menyalip. Situasi ini enggak gampang, tapi sekali lagi sepakbola itu bukan matematika yang bisa kita tebak, langsung ada angka. Tapi ini situasi yang sulit, sama seperti yang saya alami di AFF yang kita kalah 3-0, dan main di kandang harus buru-buru bikin gol,” tutur Firman Utina.

Strategi yang dirahkan pelatih akan jadi kunci untuk Persib di leg kedua nanti. Namun ada yang tidak kalah penting yakni kecerdasan, improvisasi pemain dan fokus akan mempengaruhi jalannya pertandingan. Pemain harus cerdas membaca permainan tidak hanya text book terpaku arahan pelatih. Mental motivasi juga turut serta di dalamnya memacu diri untuk melewati batas kemampuan diri.

“Ini enggak gampang butuh kecerdasan pelatih, strategi, terus yang kedua pemain juga harus mengimprovisasi, enggak note book, hanya text book, mereka harus improvisasi karena mereka yang ada di lapangan dan tahu situasinya. Mereka harus ubah keadaan itu, jadi harus punya sosok sosok yang memotivasi pemain-pemain tersebut,” papar Firman.

Advertisement
7 Comments

7 Comments

  1. Odading

    24/04/2021 at 16:37

    Untuk menghadapi liga 1, sebaiknya Firman Utina direkrut memperkuat tim pelatih Persib.

    • Bobotoh plara

      24/04/2021 at 17:31

      Tiap aya nu komen alus soal arahan sepakbola pasti we kudu jadi tim pelatih persib, sigana urang ge mun komen na alus bisa jadi pelatih persib nya.

      • Odading

        24/04/2021 at 20:30

        beda atuh FU jeung maneh mah, paling maneh mah pelatih entog

  2. warung but husnah

    24/04/2021 at 18:48

    namanya juga komen,,keberuntungan lawan karena kesalahan pemain yg kalqh,,jgn bnyk kartu kuning leg 2,,ngg enak lihatnya lagi kasihan yg cidera lparah ladang nafkahnya terganggu

  3. oray tapa

    24/04/2021 at 18:50

    PERSIB butuh pemain tengah sekelas FU dan Konate

  4. Nana Gomes

    25/04/2021 at 07:04

    Faktor mental akan sangat menentukan. Tong kumeok memeh dipacok Sib! Apapun hasilnya yg terpenting persib harus bermain spartan dan tdk imperior..

  5. Jenur

    25/04/2021 at 11:49

    saya setuju KONATE harus dikembalikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Alta Ballah Nilai Bukan Hanya DDS yang Jadi Ancaman Persebaya

Avatar photo

Published

on


Persebaya Surabaya menatap laga lanjutan Liga 1 2022/2023 pekan ke-13 melawan Persib Bandung. Pertarungan antar dua tim besar tersebut akan digelar di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (10/12/2022) sore. Meski menang di pertandingan terakhir kontra PS Barito Putera, kebobolan dua gol menjadi catatan pelatih Aji Santoso.

Bajul Ijo harus benar-benar waspada kepada lini serang Persib yang mencetak tiga gol di pertandingan terakhirnya Rabu (7/12/2022) kontra Persik Kediri. David da Silva (DDS) merupakan ancaman serius bek Persebaya Alta Ballah dan kolega, pasalnya DDS mampu mencetak sepasang gol dalam kemenangan Persib itu.

Kendati begitu Alta menilai ancaman Persib bukan hanya datang dari DDS, berbagai lini turut jadi sorotan mulai dari sisi sayap, dimana Zalnando dan Henhen Herdiana kerap melepas umpan silang berbahaya. Belum lagi Ciro Alves dan Beckham Putra yang kerap datang dari lini kedua membantu DDS.

“Kalau pemainya semua pemain bahaya, kalau dari kami tidak ada yang harus ditakuti karena semua sama. Tinggal nanti bagaimana kami mengantisipasinya. Jadi tidak ada masalah kami siap-siap dengan pertandingan besok,” papar Alta.

Pemain jebolan Diklat Persib ini menegaskan siap meladeni Zalnando dan kolega. Kemenangan harus didapat sekaligus mencoreng rekor tren kemenangan Persib dalam empat pertandingan terakhirnya.

“Kami sudah siap, apalagi kemarin sudah istirahat sudah dikasih libur sama coach, jadi overall buat pemain sudah siap untuk menghadapi Persib di pertandingan besok,” tegas Alta.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Tanggapan Frets Diberi Peran Baru Sebagai Wing Back

Avatar photo

Published

on


Peran baru diberikan Luis Milla pada Frets Butuan dengan bermain lebih ke belakang. Sang pemain berposisi asli sebagai winger dan karakternya lebih menyerang. Tetapi belakangan dia ditempatkan sebagai wing back kanan pada formasi 3-4-3.

Frets bermain di posisi tersebut ketika bermain melawan Persikabo 1973 dalam laga uji coba. Berikutnya dia juga kembali mengisi pos tersebut saat menggantikan Henhen Herdiana di laga kontra Persik. Frets mengatakan bahwa dirinya sempat kaget dan canggung bermain di wing back. Tapi belakangan dia sudah merasa nyaman karena semakin terbiasa.

“Pertama bagi saya awalnya memang cukup kaget di posisi belakang. Tapi pada intinya sama saja di posisi bertahan dan intinya itu di bagian sayap itu ga sulit untuk saat ini karena sudah dua bulan saya berlatih, kita bekerja keras,” ujar Frets dalam jumpa pers jelang laga, Jumat (9/12).

Pemain asal Ternate ini memang bisa dikatakan merupakan pemain versatile karena mampu mengisi banyak posisi di lapangan. Pernah juga dia ditempatkan sebagai gelandang tengah oleh Luis Milla di game internal. Menurutnya yang terpenting adalah memahami sistem bermain yang diterapkan oleh pelatih.

“Beberapa posisi dicoba, di full back kanan, gelandang, intinya kami pemain itu harus memahami sistem pelatih, makanya kami cepat mengerti. Pertandingan kemarin saya sangat bergairah di posisi yang itu dan saya akan terus berlanjut semangat bermain posisi full back kanan,” ujar Frets memungkasi.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Motivasi Tinggi Diusung Frets Guna Lanjutkan Tren Positif

Avatar photo

Published

on


Motivasi tinggi diusung pemain Persib untuk menghadapi laga lanjutan Liga 1 2022/2023 pekan ke-13. Tiga angka yang didapat ketika menekuk Persik 3-0 dikatakan Frets Butuan mendongkrak mentalitas pemain. Tekad memelihara tren positif pun jadi misi ketika bertemu Persebaya.

Sebelumnya Maung Bandung dengan dalam laju yang mulus, karena meraih empat kemenangan beruntun. Yang terbaru, Persik Kediri dilumat tiga gol tanpa balas di lanjutan kompetisi yang sempat terhenti dua bulan. Kemenangan di laga itu jadi bekal Frets dan kawan-kawan untuk kembali menampilkan performa menawan.

“Selamat siang, kami pemain tentunya sangat siap karena pemain punya motivasi tinggi. Karena kemarin kita baru selesai bertanding dan kita sukses memenangkan, dan itu modal utama buat kami jelang pertandingan berikutnya,” ujar Frets saat menghadiri jumpa pers jelang laga, Jumat (9/12) di Stadion Jatidiri.

Memang jarak waktu antar pertandingan begitu padat dan sebenarnya tidak ideal untuk pemulihan stamina. Tetapi Frets menegaskan pemain Persib disiplin dalam mengatur waktu. Seperti memanfaatkan betul waktu yang dimiliki dengan beristirahat dan memulihkan energi mereka.

“Tentunya dengan seperti yang pelatih sampaikan, kita mempunyai jarak bertanding yang sangat pendek, tapi kami semua pemain juga memaksimalkan waktu istirahat. Untuk pertandingan berikutnya, kami Persib sangat siap untuk bertanding besok dengan semangat yang tinggi,” tukasnya.

Lanjut Membaca

Trending