Connect with us

Berita Persib

Animo Besar, Keamanan pun Kewalahan Sortir Bobotoh

Published

on

Antusiasme suporter Persib luar biasa pada pertandingan Persib vs Persebaya dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022, Jumat (17/6/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Antusiasme yang menimbulkan korban jiwa atas nama Sopiana Yusup, Viking Bogor dan Asep Ahmad Solihin asal Cibaduyut Bandung. Keduanya meninggal setelah berdesakan di pintu masuk stadion.

Pihak keamanan melalui Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung menerangkan jika pihaknya sudah melakukan pengamanan sesuai prosedur dan koordinasi yang telah direncanakan bersama panitia pelaksana (panpel) pertandingan. Animo Bobotoh cukup besar hingga keamanan pun cukup kewalahan menyortir Bobotoh bertiket dengan akses pintu masuk yang terbatas di Gerbang Biru.

“Jadi kegiatan pengamanan tadi malam di GBLA itu adalah rencana pengamanan 26 pintu, kita jaga di atas tempat nonton, kemudian di bawah juga ada kan dibuka panpel, ada empat pintu untuk akses sortir karcis, kita tempatkan personil lengkap, Sabhara kemudian Brimob, dan TNI,” papar Aswin pada Sabtu (18/6/2022) di rumah duka Asep Ahmad Solihin di Cibaduyut.

Ia turut menjelaskan situasi di depan pintu masuk stadion U/V. Banyak Bobotoh yang tidak bersabar ingin segera menuju tribun. Sementara keamanan membutuhkan waktu untuk menyortir Bobotoh bertiket. Saking banyaknya, terjadilah desak-desakkan hingga menimbulkan korban tak sadarkan diri.

“Kemudian masyarakat tadi yang datang ingin menonton masuk seperti yang disampaikan panpel itu harus menunjukkan karcis bagi yang punya boleh masuk yang tidak punya kan tidak boleh, nah banyak yang masuk tidak sabar ingin masuk ingin buru-buru masuk kemudian tiba-tiba ada korban di luar di depan pintu sortir karcis—bukan di dalam gedung,” terang Aswin.

Kejadian tersebut disebabkan beberapa faktor. Dugaan kepolisian menyebutkan, disamping animo yang luar biasa, Bobotoh juga kurang bersabar untuk masuk ke stadion. Ditambah jalur masuk stadion yang disediakan terbatas buat pihak keamanan kewalahan.

“Jadi dugaan itu adalah tidak sabar ingin masuk buru-buru makanya kita imbau yang akan masuk agar antri, antriannya sudah ada dan menunjukkan tiket di handphone maupun karcis, kebanyakan bobotoh mungkin ingin buru-buru masuk ingin buru-buru lihat timnya akan main tapi melupakan keselamatan. Tiba-tiba ada yang pingsan kita bawa ke RS lakukan pertolongan,” bebernya.

Advertisement
5 Comments

5 Comments

  1. Pemaen titipan sponsor

    18/06/2022 at 15:34

    Kalo sama mahasiswa demonstran mah banyak ge bisa dilawan ya pak?

  2. Mamang Djaja Mihardja

    18/06/2022 at 17:27

    kahareupna mah jigana perlu dilengkapi ku teknologi penyembur O2, ditempat antrina, sabab mun berdesak desakan parah, kadar CO2 naek drastis, akibatna jelema nu lemah atawa boga riwayat asma bakal langsung “kacekek” lemas, ngaguling terus katincakan, atawa minimal blower sirkulasi nu mumpuni…

  3. Odong

    19/06/2022 at 09:13

    Alusna tong aya penonton ka stadion jiga taun kamari….

  4. PersibKu

    19/06/2022 at 14:55

    antisipasi membludaknya penonton harus sudah bisa diantisipasi sebelumnya dengan matang…..

  5. uje

    19/06/2022 at 22:08

    teu hartos lah, penonton kudu sabar oge , da wajar aya pemerisakaan ticket, mung nya eta entisipasi panitia, pastina bobotoh ngabludak, namina oge tim kesayangan rek main

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Persib

Tanggapan Frets Diberi Peran Baru Sebagai Wing Back

Avatar photo

Published

on


Peran baru diberikan Luis Milla pada Frets Butuan dengan bermain lebih ke belakang. Sang pemain berposisi asli sebagai winger dan karakternya lebih menyerang. Tetapi belakangan dia ditempatkan sebagai wing back kanan pada formasi 3-4-3.

Frets bermain di posisi tersebut ketika bermain melawan Persikabo 1973 dalam laga uji coba. Berikutnya dia juga kembali mengisi pos tersebut saat menggantikan Henhen Herdiana di laga kontra Persik. Frets mengatakan bahwa dirinya sempat kaget dan canggung bermain di wing back. Tapi belakangan dia sudah merasa nyaman karena semakin terbiasa.

“Pertama bagi saya awalnya memang cukup kaget di posisi belakang. Tapi pada intinya sama saja di posisi bertahan dan intinya itu di bagian sayap itu ga sulit untuk saat ini karena sudah dua bulan saya berlatih, kita bekerja keras,” ujar Frets dalam jumpa pers jelang laga, Jumat (9/12).

Pemain asal Ternate ini memang bisa dikatakan merupakan pemain versatile karena mampu mengisi banyak posisi di lapangan. Pernah juga dia ditempatkan sebagai gelandang tengah oleh Luis Milla di game internal. Menurutnya yang terpenting adalah memahami sistem bermain yang diterapkan oleh pelatih.

“Beberapa posisi dicoba, di full back kanan, gelandang, intinya kami pemain itu harus memahami sistem pelatih, makanya kami cepat mengerti. Pertandingan kemarin saya sangat bergairah di posisi yang itu dan saya akan terus berlanjut semangat bermain posisi full back kanan,” ujar Frets memungkasi.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Motivasi Tinggi Diusung Frets Guna Lanjutkan Tren Positif

Avatar photo

Published

on


Motivasi tinggi diusung pemain Persib untuk menghadapi laga lanjutan Liga 1 2022/2023 pekan ke-13. Tiga angka yang didapat ketika menekuk Persik 3-0 dikatakan Frets Butuan mendongkrak mentalitas pemain. Tekad memelihara tren positif pun jadi misi ketika bertemu Persebaya.

Sebelumnya Maung Bandung dengan dalam laju yang mulus, karena meraih empat kemenangan beruntun. Yang terbaru, Persik Kediri dilumat tiga gol tanpa balas di lanjutan kompetisi yang sempat terhenti dua bulan. Kemenangan di laga itu jadi bekal Frets dan kawan-kawan untuk kembali menampilkan performa menawan.

“Selamat siang, kami pemain tentunya sangat siap karena pemain punya motivasi tinggi. Karena kemarin kita baru selesai bertanding dan kita sukses memenangkan, dan itu modal utama buat kami jelang pertandingan berikutnya,” ujar Frets saat menghadiri jumpa pers jelang laga, Jumat (9/12) di Stadion Jatidiri.

Memang jarak waktu antar pertandingan begitu padat dan sebenarnya tidak ideal untuk pemulihan stamina. Tetapi Frets menegaskan pemain Persib disiplin dalam mengatur waktu. Seperti memanfaatkan betul waktu yang dimiliki dengan beristirahat dan memulihkan energi mereka.

“Tentunya dengan seperti yang pelatih sampaikan, kita mempunyai jarak bertanding yang sangat pendek, tapi kami semua pemain juga memaksimalkan waktu istirahat. Untuk pertandingan berikutnya, kami Persib sangat siap untuk bertanding besok dengan semangat yang tinggi,” tukasnya.

Lanjut Membaca

Berita Persib

Kemungkinan Persib Terapkan Rotasi Saat Hadapi Persebaya

Avatar photo

Published

on


Kebijakan rotasi mungkin dilakukan Luis Milla saat Maung Bandung tampil besok. Sebelumnya ada dua pemain, Abdul Aziz dan Teja Paku Alam yang ditarik keluar lapangan usai mendapat perawatan dari tim medis. Meski mereka disebut tidak mengalami cedera, tapi kemungkinan akan disimpan oleh sang pelatih.

Pelatih kepala Maung Bandung ini menyebut bahwa timnya mempunyai kedalaman tim yang mumpuni. Ketika ada pemain yang kondisinya tidak prima, mereka akan diistirahatkan lebih dulu. Menurutnya yang menjadi prioritas untuk turun berlaga adalah pemain yang dalam kondisi seratus persen.

“Tidak ada masalah. Kami masih memiliki beberapa pemain lainnya jika ada pemain yang tidak bisa tampil. Ketika terjadi masalah ketika ada pemain cedera, atau kondisi pemain itu tidak seratus persen maka kemungkinan tidak akan bermain,” ujar Luis Milla dalam jumpa pers jelang laga.

Apalagi saat ini situasinya liga dimainkan dalam sistem bubble dan jadwal yang berlaku begitu padat. Jeda antar laga sangat pendek dan tentunya tidak ideal bagi pemain melakukan recovery. Ketika ada pemain yang staminanya belum pulih, maka Milla bisa saja memainkan pemain yang lain.

“Kami berbicara dengan setiap pemain dan bertanya apakah mereka kelelahan atau tidak pasca pertandingan menghadapi Kediri. Karena kami hanya memiliki waktu tiga hari untuk recovery dan kemungkinan ada perubahan untuk laga ini,” tandas pria yang pernah membela Barcelona dan Real Madrid tersebut.

Lanjut Membaca

Trending