Connect with us

Olahraga Jawa Barat

Ajang Beladiri Duel X Akan Digelar, Diikuti Enam Atlet Pelatnas Bokator

Avatar photo

Published

on


Ajang bela diri tarung bebas, Duel X (sepuluh) akan kembali digelar di Kota Bandung. Gelaran yang diinisiasi klub bela diri Bandung Fighter Club (BFC) akan digelar di GOR Pajajaran, Minggu (4/12) besok. Ada 92 atlet amatir dan 20 atlet profesional yang ikut ambil bagian di event ini.

Dalam Duel X ini, ada dua nomor yang dipertandingkan. Yang pertama adalah nomor pencak silat bebas Indonesia yang digelar pada nomor amatir dan profesional. Satu nomor lainnya adalah MMA profesional. Edwin Senjaya selaku Ketua BFC menjelaskan alasan diselenggarakannya event Duel edisi kesepuluh ini dan leboh fokus pada pencak silat bebas.

“Kita memang mau mengembangkan selain bela diri MMA yang sudah dikenal, kita juga ingin mengangkat warisan seni budaya dari kita sendiri yaitu pencak silat yang selama ini lebih diketahui sebagai seni tradisi dan pertandingan diselenggarakan secara amatir, kini kita selenggarakan secara profesional,” ujar Edwin Senjaya saat diwawancara oleh wartawan di Hotel D’rain, Sabtu (3/12).

Dia berharap dengan diadakannya event ini, pencak silat bisa mengikuti karate, kick boxing, wushu sanda dan sambo yang digelar baik secara amatir maupun profesional. Selain itu, Edwin menyebut bahwa ini adalah upaya supaya pencak silat bisa dikenal lebih luas.

“Tujuannya apa, supaya pencak silat ini betul-betul bisa dikenal luas dan masuk ke arena pertarungan bebas. Karena apa, karena cabor yang lainnya sudah melakukan itu semua. Jadi para atlet kita dari berbagai perguruan, sasana bisa ikut terjun di pencak silat bebas profesional ini,” tutur dia.

Ajang Duel X ini juga akan diikuti oleh petarung dari BFC yang juga tergabung di pelatnas cabor bokator. Ini adalah cabang olahraga bela diri yang berasal dari Kamboja dan akan pertama kali dipertandingan di SEA Games 2023 nanti.

“Kebetulan juga atlet-atlet kami dari BFC yang tampil di Duel X ini mereka adalah atlet-atlet dari pelatnas SEA Games bokator. Jadi Indonesia sedang mempersiapkan atlet-atlet yang akan tampil di SEA Games nanti untuk turun di cabang bela diri bokator,” tutur Edwin.

“Kita berharap, event ini bisa digunakan untuk mengasah kemampuan mereka menghadapi SEA Games 2023. Dari BFC yang masuk ke pelatnas itu kalau tidak salah ada enam. Yudi, Selvi, Kamal, Ade Permana, Dede, Miftahul Jannah, Semua ada enam,” lanjut dia.

Lebih lanjut, lima petarung terbaik dari Duel X mendapat kesempatan untuk tampil di ajang One Pride. Dikatakan oleh Edwin bahwa memang sudah ada kerjasama yang terjalin antara kedua belah pihak. Menurutnya ini jadi kesempatan bagus bagi atlet muda untuk meraih prestasi lebih tinggi.

“Lalu untuk Duel X ini kita bekerja sama dengan One Pride, alhamdulillah kita menggunakan tagline road to One Pride karena dari event ini, lima petarung terbaik akan dipilih dan mereka otomatis mendapat tiket untuk tampil di event One Pride. Ini satu kesempatan saya kira untuk para atlet muda yang memang ingin mengembangkan prestasinya di arena tarung bebas MMA maupun silat bebas profesional,” tandas Edwin Senjaya.

Advertisement
Mangga Komentar di Dieu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Olahraga Jawa Barat

Naraga United Juara Piala Gubernur Jabar 2023 KU-12

Avatar photo

Published

on


Turnamen Piala Gubernur Jawa Barat 2023 kelompok usia (KU) 11 dan 12 digelar pada Sabtu-Minggu. 21-22 Januari 2023. Ini merupakan gelaran pekan kedua usai sebelumnya sukses mempertandingkan kelompok usia 9 dan 10 tahun di akhir pekan lalu.

Kali ini Lapangan Nurul Fikri Boarding Scholl yang jadi venue turnamen para bibit-bibit potensial ini. Puluhan tim dari wilayah Jawa Barat saling bertanding dan unjuk kebolehan mengolah si kulit bundar. Untuk KU 11 tahun, Dayeuhkolot United keluar sebagai juara.

Dayeuhkolot United sukses menekuk perlawanan Tajimalela Loreng, Bekasi. Dayeuhkolot United juga menelurkan satu pemainnya untuk menyabet gelar BJB Tandamata Best Player atas nama Nazril. Sedangkan Tajimalela Loreng mendapat hadiah hiburan karena Febrian Jovas menjadi top scorer BJB digi-cash dengan 14 golnya serta Zaky menjadi BJB best goalkeeper.

Sedangkan untuk turnamen KU 12 tahun, masih di lapangan yang sama, Naraga United dari Kabupaten Subang keluar sebagai juara. Akademi Wijaya (Kota Bandung) dikalahkan pada partai puncak oleh klub asal Ciater tersebut. BJB digi-cash top scorer diraih oleh pemain Akademi Wijaya, Widi (15 gol). BJB Tandamata best player diraih oleh Takayama dan BJB best goalkeeper oleh Rafi dari Naraga United.

Syamsuddin selaku Humas dari Humas Nurul Fikri Boarding School menyebut pihaknya sangat mendukung turnamen usia dini ini. Apalagi Piala Gubernur Jabar 2023 ini mengusung juga tema trauma healing untuk anak-anak di Cianjur yang terdampak gempa beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan Nurul Fikri juga bisa ikut andil dalam menyukseskan persepakbolaan Indonesia khususnya di Jawa Barat. Semoga dengan kegiatan ini akan memunculkan bibit unggul untuk estafet pemain professional di Indonesia,” tutur Syamsuddin di sela-sela kegiatan turnamen, Minggu (22/1).

Turnamen ini juga turun memberikan penghargaan kepada semifinalis di setiap kelompok usianya. Untuk KU-11 ada Akademi Persib Bandung dan Atep 7 Cianjur. Sedangkan di KU-12, dua semifinalis yang gagal lolos ke final adalah Akademi Persib dan SSB PETA.

Ucapan selamat pun disampaikan oleh M. Jatnika Sadili yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana Piala Gubernur Jabar 2023. “Selamat untuk semua pemenang dan semoga ini sedikit memberi kebahagiaan bagi anak-anak di Cianjur,” tutur Jatnika

Turnamen Piala Gubernur Jabar 2023 juga tidak bergulir sampai di sini saja. Masih ada satu kelompok usia yang akan dipertandingkan yatu KU-15. Di akhir pekan depan, babak penyisihan KU-15 mulai dipertandingan. Sedangkan untuk babak finalnya berlangsung 4-5 Februari 2023.

Lanjut Membaca

Olahraga Jawa Barat

Pelatih Bandung bjb Tandamata Ungkap Kesulitan Saat Jajal Jakarta Elektrik PLN

Avatar photo

Published

on


Bandung bjb Tandamata membuat Jakarta Elektrik PLN semakin terpuruk di dasar klasemen usai mengalahkannya dalam partai terakhir putaran pertama Proliga 2023 sektor putri. Bandung bjb menang tiga set langsung atas Elektrik PLN (25-21, 25-19, 25-22) dalam pertandingan yang digelar di Pelembang Sports Convention Center, Sabtu (21/1/2023) petang.

Hasil tersebut membuat Jakarta Elektrik PLN menyudahi putaran pertama tanpa kemenangan sekalipun. Sementara itu, Bandung bjb harus puas di posisi kedua klasemen dengan empat kemenangan dan 12 poin. Tertinggal satu poin dari juara paruh musim Jakarta Pertamina Fastron yang mengemas empat kemenangan dan 13 poin.

Menang tiga set langsung bukan berarti Bandung bjb tanpa kesulitan, mereka sempat keteteran pada set ketiga. Beruntung beberapa penyesuaian dari sang pelatih Alim Suseno berbuah hasil, Madeline Guillen mampu membuat spike-spike berbuah poin kritis menyelamatkan tim.

“Set ketiga kami hampir kerepotan, untungnya kami bisa mengatasi itu,” ungkap Alim usai pertandingan. Sebelum pertandingan, Alim juga menginstruksikan pemainnya agar tampil lepas sama seperti bermain di Bandung.

“Saya minta anak-anak main lepas seperti saat main main pertama di Bandung. Dari kemarin kami main di sini, anak-anak kelihatannya tidak main lepas, sering buat kesalahan,” tuturnya.

Kapten tim Bandung bjb Wilda Siti Nurfadhillah, mensyukuri hasil tim di putaran pertama ini. Ia merasa cukup puas meski ada masih di luar ekspektasi. “Merasa cukup puas meskipun masih di luar ekspektasi yang diinginkan,” kata Wilda.

Lanjut Membaca

Olahraga Jawa Barat

Bandung bjb Tandamata Akhiri Putaran Pertama Proliga 2023 di Posisi Kedua

Avatar photo

Published

on


Bandung bjb Tandamata menutup putaran pertama Proliga 2023 dengan dua kemenangan pada seri ketiga di Kota Palembang. Setelah mampu mengalahkan Jakarta Popsivo Polwan 3-1 (25-16, 25-21, 17-25, 25-20) Kamis (19/1/2023), giliran Jakarta Elektrik PLN berhasil disungkurkan tiga set langsung 3-0 (25-21, 25-19, 25-22) pada Sabtu (21/1/2023) di di Palembang Sports and Convention Center (PSCC).

Alim Suseno pelatih Bandung bjb Tandamata masih harus menyimpan Nandita Ayu Salsabila di daftar pemain cadangan melawan Elektrik PLN. Kondisi pemain berposisi opposite itu tampak belum fit usai mengalami sakit dan absen di pertandingan Kamis lalu. Alim mengandalkan Ceren Kapucu di starting.

Set pertama Bandung bjb sempat unggul enam angka dalam skor 16-10. Tak ada rintangan berarti mereka mampu mengambil langkah permulaan ini dengan keunggulan 25-21. Pada set kedua kejar mengejar poin terjadi, skor imbang 15-15 rapat, dengan penyesuaian yang ada Wilda Siti Nurfadhillah dkk kembali mengamankan set kedua.

Pada set penentuan Jakarta Elektrik PLN sempat menyengat, meski sempat ketinggalan aksi Madeline Guillen mampu mempersembahkan kemenangan untuk Bandung bjb Tandamata 25-22. Kemenangan 3-0 diraih dalam pertandingan Sabtu petang ini.

Sayang, kemenangan ini tak bisa membawa Bandung bjb Tandamata ke puncak klasemen mengakhiri putaran pertama. Meski menyamai kemenangan Jakarta Pertamina Fastron di peringkat satu (4 kemenangan), namun raihan poin Bandung bjb kalah satu poin dari JPF.

Lanjut Membaca
Advertisement

Advertisement

Komentar Bobotoh

Arsip

Trending