default-logo

Indonesia U23 Tantang Maroko di final ISG 2013

Friday, 27 September 2013 | 22:38

foto-arema-di-jalak-harupat-rahmad-darmawan-SIM_1320Tim Nasional Indonesia U23 berhasil menembus final cabang Sepak Bola di ajang Islamic Solidarity Games 2013 setelah menang 7-6 dalam babak adu penalti melawan Turki hari Jumat sore ini di Palembang. Tim yang diarsiteki Rahmad Darmawan akan menantang Maroko di final yang rencananya digelar pada hari Minggu malam.

Pertandingan semifinal antara Indonesia melawan Turki berjalan seru. Kedua kesebelasan tampil saling serang. Tapi di babak pertama timnas Indonesia mempunyai lebih banyak peluang dibanding Turki. Dengan mengandalkan kecepatan Andik Vermansyah di sayap kanan, Indonesia tampil menyerang. Sayangnya berbagai peluang gagal dimanfaatkan para penyerang Garuda yang kali ini mengandalkan Syamsir Alam.

Dibabak kedua, jalannya pertandingan tetap alot dalam tempo tinggi. Walau terus menggempur, trio Andik, Ramdani Lestaluhu dan Bayu Gatra belum berhasil menembus pertahanan Turki yang digalang oleh Ozan A Onal. Turki bahkan mendapatkan peluang emas untuk memenangkan pertandingan ketika pada menit ke-64 mereka mendapat hadiah penalti.

Tendangan penalti diberikan wasit setelah Ramdani Lestaluhu dinilai melakukan pelanggaran terhadap Melih Rahman Nisanci. Namun kesempatan emas ini tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Yakup Akan sebagai algojo. Tendangannya mampu diantisipasi oleh penjaga gawang sekaligus kapten Indonesia, Kurnia Meiga.

Setelah itu ketegangan mulai menghantui kedua kesebelasan. Beberapa kali terjadi benturan yang berujung saling dorong. Tapi sampai 90 menit pertandingan tetap imbang tanpa gol.

Di perpanjangan waktu 2×15 menit, kedua tim tidak berhasil membuat gol. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak adu penalti.

4 penendang dari masing-masing tim berhasil menceploskan bola kedalam gawang. Giliran penendang kelima Indonesia, Sunarto gagal karena bola masing mengenai kiper Turki. Namun tampaknya dewi fortuna masih menaungi timnas, ketika untuk kedua kalinya dalam pertandingan ini, Yakup Akan gagal menuntaskan tugasnya. Bola sepakannya melambung keatas mistar gawang Kurnia Meiga. Drama adu penalti pun harus berlanjut.

Indonesia memastikan tiket lolos ke final setelah tendangan pemain ke-7 Turki hanya memantul mengenai tiang gawang sebelah kanan. Indonesia memenangi adu penalti dengan skor 7-6.

Susunan pemain:
Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 13-Manahati Lestusen, 19-Andi Ibo, 5-Alfin Tuasalamony, 16-Diego Michiels, 11-Dedi Kusnandar, 23-Bayu Gatra, 21-Andik Vermansah (15-Sunarto 120), 2-David Laly (17-Syahroni, 87′), 7-Ramdhani Lestaluhu (8-Fandi Eko Utomo 94), 6-Syamsir Alam

Turki: 12-Hayrullah Mert Akyuz, 2-Orkun Dervisier, 3-Ibrahim Hircin, 5-Rasimcan Degirmenci, 6-Ozan A Onal, 7-Ahmet Guney (17-Oguzan Durmus Cesmeli, 78), 8-Ali Say, 9-Yakup Akan, 10-Erdi Guncan, 14-Okan Baydemir, 15-M Rahman Nisanci

/SIMAMAUNG.COM

Mangga Komentar di Dieu

*